-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

5 Cara Mengatasi Gugup untuk Kamu yang Akan Tampil

redaksi
Jumat, 05 Agustus 2022, Agustus 05, 2022 WIB Last Updated 2022-08-05T02:48:55Z
iklan disini :



 


INDOMETRO.ID– Kegugupan memang sering terjadi. Namun, kamu harus mengetahui cara mengatasi gugup agar saat kamu menghadapi hal tersebut, kamu bisa menanganinya. Ini sering membuat kita merasa seperti "tidak berdaya", yang secara efektif merupakan kebalikan dari menjadi jelas, artikulatif, dan ringkas. Tantangannya adalah hal ini dapat mengurangi "kepercayaan pikiran" audiens kita pada kita.

Para audiens mungkin mulai mempertanyakan apakah kamu memiliki kepercayaan diri, dan kemudian mempertimbangkan mengapa kamu tidak memiliki kepercayaan diri. Berikut ini cara mengatasi gugup yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatur Napas

Cara mengatasi gugup yang pertama adalah mengatur napas. Saat kamu fokus untuk mengatur pernapasan, kamu sebenarnya dapat membuat sistem saraf  mengalami hubungan pendek, Hal tersebut dapat membuat kamu akan mulai merasa lebih tenang dan tidak terlalu gelisah. 

2. Berpikir Positif

Saat kamu merasa gugup, pertanyaan praktis untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah: Apa hal terbaik yang bisa terjadi? Berpikir positif tentang gambaran yang lebih besar dan memvisualisasikannya, alih-alih mengasumsikan yang terburuk, membantu memberi kamu keberanian dan perspektif. Berfikir positif merupakan salah satu cara mengatasi gugup.

3. Persiapan yang Matang

Berlatih sebanyak mungkin, seperti di depan cermin atau bersama teman, adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gugup dengan melakukan aktivitas tertentu. Ketika kamu berlatih sesuatu, kamu memperkuat koneksi di otak. Semakin kuat koneksi itu, semakin terampil kamu melakukannya. Belum lagi, semakin kamu merasa percaya diri untuk melakukan sesuatu, semakin mudah untuk melakukannya. 

4. Pelajari Cara untuk Bersantai

Pemain muda, seperti pesenam Olimpiade dan solois musik, berbicara tentang betapa pentingnya mempersiapkan kegelisahan sebelum pertunjukan serta pertunjukan itu sendiri. Pada jenis kompetisi tertentu, kamu harus menunggu cukup lama sebelum giliran untuk tampil. 

Beberapa orang mengambil foto inspirasional, menyusun daftar putar untuk membantu mereka rileks, atau mempelajari yoga dan teknik pernapasan untuk membantu mereka merasa tenang. Beberapa orang perlu aktif untuk bersantai, yang lain perlu diam dan tenang. 

Cari tahu teknik apa yang cocok untuk kamu, lalu buat rencana untuk menggunakannya di waktu senggang sebelum pertunjukan besar. 

5. Jaga Diri

Jika acara besar akan datang, mudah untuk melupakan bahwa kita adalah manusia yang sebenarnya dengan kebutuhan dasar seperti makanan dan tidur. Terkadang menyantap makanan lengkap mungkin tampak seperti hal terakhir yang ingin kamu lakukan sebelum acara yang membuat kamu merasa gugup. Jika ini masalahnya, makanlah pisang saja. 

Ini adalah makanan ringan yang bagus yang akan memberi otak kamu dorongan energi yang baik. Tidur yang cukup juga penting untuk merasa sangat segar dan bersemangat.

Sumber : VIVA


Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+