4 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik, Apakah Salah Satunya Ada Padamu?


Di dalam  bisnis kamu harus adil apalagi bila kamu di tujuk jadi  pemimpin tim. Seorang yang ditunjuk sebagai pemimpin belum tentu jadi pemimpin yang baik. Begitu juga sebaliknya. Yang terpenting adalah apakah seseorang mau belajar menjadi pemimpin yang baik atau tidak. 
Untuk kamu yang ditunjuk menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim baik itu ditempat kerja atupun dalam suatu organisasi, tidak ada salahnya kamu belajar untuk menjadi pemimpin yang baik agar orang-orang yang ada di dalam tim kamu lebih semangat dalam menjalankan tugas-tugas yang kalian kerjakan bersama  
Nah berikut ini ada 4 tips agar kamu bisa menjadi pemimpin yang baik.

1.Selalu mengontrol emosi

Gak ada orang yang suka dengan orang yang emosian dan  tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan emosi. Jadilah seorang pemimpin yang bisa mengendalikan emosi. Emosi yang negatif berpengaruh terhadap tindakan dan perilaku, apalagi kalau orang yang sudah emosi susah sekali  untuk berpikir jernih  Efek nya akan di lampiaskan ke timnya, padahal jika kamu ada masalah di dalam tim, kamu adalah pendingin di tengah ke panikan timmu

2. Jadi mentor bukan diktaktor

Pemimpin dan anggota semuanya sama-sama manusia. Jadi pemimpin bukan sekedar jadi pengatur rencana dan pengatur anggota saja. Pemimpin itu harusnya juga bisa jadi pengarah dan penengah. Saat timmu membutuhkan masukan atau arhan atas suatu masalah, maka bimbing mereka dengan membentuk sebuah diskusi bersama.

3. Bijaksana

Seorang pemimpin sejati harus memiliki kebijaksanaan. Sifat inilah yang paling penting untuk memimpin. Pemimpi tidak boleh memihak ke satu pihak saja dan berat sebelah.
Berhati hati dalam bertindak jangan mikirkan diri sendiri. Pemimpin yang  bijaksana sangat disukai semua orang.
Jadi apakah anda sudah termasuk orang yang bijaksana ?

 4.Megenal diri sendiri dengan baik

Pemimpin harus mengenal dirinya sebelum mengenal kepribadian karayawannya atau anak buahnya. Pedekatan ini bukan hanya digunakan untuk bisnis tapi juga untuk pendekatan diri sendiri.

Dengan pendekatan ini anda bisa mendekatkan diri pada kekuatan dan kelemahan dari diri Anda

Penulis:indah rahayu

Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama