-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Deretan Minuman yang Baik dan Buruk Untuk Penderita Diabetes

    Redaksi
    Minggu, 17 Oktober 2021, Oktober 17, 2021 WIB Last Updated 2021-10-17T05:16:16Z

    Ads:


     
    Indometro.id -
    Apakah anda ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil? Kenali minuman yang baik dan buruk untuk penderita diabetes.   Penderita diabetes wajib menjaga kadar gula tetap stabil. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko komplikasi diabetes. 

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan penderita diabates untuk mengontrol gula darah yakni dengan diet sehat dan olahraga. 

    Mengutip dari Healthline, penderita diabetes wajib selektif dalam memilih makanan dan minuman untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.  

    Berikut ini deretan minuman yang baik dan buruk untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.  

    1. Air putih merupakan minuman paling baik untuk penderita diabetes. Alasannya air putih tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

    Minum cukup air putih bisa membantu tubuh Anda menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Institute of Medicine merekomendasikan laki-laki dewasa minum air sekitar 13 cangkir per hari sedangkan perempuan sekitar 9 cangkir per hari.  

    Bila merasa bosan minum air putih saja, Anda bisa menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau mint.  

    2. Teh hijau. Penelitian menunjukkan teh hijau memiliki efek positif pada kesehatan.  Sebuah penelitian tahun 2021 yang dilakukan pada lebih dari setengah juta orang menyimpulkan konsumsi teh hijau setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe II.  

    Anda sebaiknya tidak menambahkan gula pada teh hijau atau teh jenis lainnya.  

    3. Teh herbal. Teh herbal seperti teh chamomile, kembang sepatu, jahem dan peppermint baik diminum oleh penderita diabetes.  Teh herbal bebas karbohidrat, kalori, dan gula. Spesialnya, teh herbal kaya akan antioksidan penangkal penyakit.  

    4. Kopi polos. Minum kopi tanpa gula alias kopi polos bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe II.  Sama dengan teh herbal, Anda sebaiknya tidak menambah pemanis, susu, krim, atau gula pada secangkir kopi.  

    5. Susu rendah lemak Susu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Susu rendah lemak baik diminum oleh penderita diabetes.  

    Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi susu rendah lemak lebih dari dua sampai tiga gelas per hari.  

    Minuman lainnya yang baik diminum penderita diabetes adalah  

    6. Alternatif susu (almond, kedelai, dan oat)  

    7. Jus sayuran  

    8. Smoothie hijau  

    9. Limun bebas gula  

    10. Kombucha  Minuman yang buruk untuk kesehatan penderita diabetes  Beberapa jenis minuman wajib dihindari para penderita diabetes agar gula darah tidak melonjak seketika.  

    Berikut 3 jenis minuman yang buruk dikonsumsi penderita diabetes.  

    1. Minuman soda.  Minuman soda berada diposisi teratas sebagai minuman yang buruk untuk penderita diabetes. Asal tahu saja, satu kaleng soda rata-rata mengandung gula sekitar 40 gram dan 150 kalori.  Minuman soda bisa menyebabkan berat badan naik dan kerusakan gigi. 

    2. Minuman berenergi. Minuman berenergi mengandung kafein dan karbohidrat tinggi. Sebuah penelitian tahun 2018 menunjukkan minuman berenergi bisa menyebabkan lonjakan gula darah.  

    Selain itu, kandungan kafein dalam minuman ini bisa menyebabkan kegugupan, meningkatkan tekanan darah, dan insomnia, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

    3. Jus buah. Jus buah 100% dalam jumlah sedang baik dikonsumsi sebab mengandung vitamin C.  Namun, Anda wajib tahu jus buah juga mengandung karbohidrat dan gula alami. Kombinasi keduanya bisa memperburuk mkadar gula darah dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan.  

    Anda sebaiknya mengonsumsi jus buah murni tanpa gula dan mengonsumsinya tidak lebih dari 0,12 liter. (*)


    Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ingin gula darah normal? Ini minuman yang baik dan buruk untuk penderita diabates"


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini