Ticker

6/recent/Ticker-posts

7 Jenis Pupuk yang Digunakan Petani Untuk Tanaman Cabai


Pupuk yang biasa digunakan petani khususnya untuk menanam cabe ini juga  bisa digunakan untuk tanaman sayur dan buah  yang lain juga.
Apa saja jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman cabai? Berikut Pemaparannya. 

1.Pupuk dasaran

Pupuk dasaran merupakan pupuk yang diberikan saat olah tanah, contohnya seperti pupuk kandang (kotoran sapi, ayam  atau kambing) pupuk SP36, pupuk KCL, pupuk Petorganik, pupuk dolomit (kapur pertanian) untuk meningkan pH tanah.

2.Pupuk statler

Pupuk statler adalah pupuk yang diberikan pertama kali setelah 5-7 kali pindah tanam. Contoh pupuk statler yaitu pupuk grower, pupuk mamigro N pupuk gendasil D.

3. Pupuk susulan

Pupuk susulan adalah istilah pada pupuk yang diberikan pada tanah yang digunakan pada tanaman pada fase  pertumbuhan nya.

misalnya timun susulan 1 di berikan saat 7 hari (awal vegetatif), disusulan 2 saat 3 minggu ( menjelang fase pembuangan) susulan 3 saat 5 minggu yakni dalam fase penyebesaran, dan kematang pada buah. Contoh pupuk NPK mutiara, SP, KCl pupuk ZA,ZK,KNO3

4. Pupuk penguat tanaman

Pupuk penguat tanaman adalah pupuk yang bertujuan menguatkankan tanaman dari serangan hama penyakit dan cekaman lingkungan ( cuaca yang panas dan kekeringan). Contohnya yaitu pupuk boron agar tidak mudah rontok dan pupuk silika agar daun tanaman menjadi  lebih tebal.

5. Pupuk peningkat kualitas

Pupuk peningkat kualitas adalah pupuk untuk meningkatkan keseragaman panen (pematangan buah), cita rasa buah serta daya simpan. Contohnya pupuk ZK, KNO3.

 6. Pupuk penurun PH

Pupuk penurun PH bertujuan untuk menurun PH tanah dari kondisi asam menjadi sesuai dengan PH cabai (5,5 -6,5). Contohnya pupuk delomit (kandungan Mg dan  Ca tinggi).


7. Pupuk mikro

Pupuk yang komposisinya dari unsur hara yaitu  mangan (Mn) Molibdenum (Mo), zincung / seng(Zn) , besi(Fe)  contoh pupuk Vitaflora.



 Penulis: Indah Rahayu

Artikel Terkait