-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    7 Jenis Pupuk yang Digunakan Petani Untuk Tanaman Cabai

    Kamis, 03 Desember 2020, Desember 03, 2020 WIB Last Updated 2020-12-03T05:16:37Z

    Ads:


    Pupuk yang biasa digunakan petani khususnya untuk menanam cabe ini juga  bisa digunakan untuk tanaman sayur dan buah  yang lain juga.
    Apa saja jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman cabai? Berikut Pemaparannya. 

    1.Pupuk dasaran

    Pupuk dasaran merupakan pupuk yang diberikan saat olah tanah, contohnya seperti pupuk kandang (kotoran sapi, ayam  atau kambing) pupuk SP36, pupuk KCL, pupuk Petorganik, pupuk dolomit (kapur pertanian) untuk meningkan pH tanah.

    2.Pupuk statler

    Pupuk statler adalah pupuk yang diberikan pertama kali setelah 5-7 kali pindah tanam. Contoh pupuk statler yaitu pupuk grower, pupuk mamigro N pupuk gendasil D.

    3. Pupuk susulan

    Pupuk susulan adalah istilah pada pupuk yang diberikan pada tanah yang digunakan pada tanaman pada fase  pertumbuhan nya.

    misalnya timun susulan 1 di berikan saat 7 hari (awal vegetatif), disusulan 2 saat 3 minggu ( menjelang fase pembuangan) susulan 3 saat 5 minggu yakni dalam fase penyebesaran, dan kematang pada buah. Contoh pupuk NPK mutiara, SP, KCl pupuk ZA,ZK,KNO3

    4. Pupuk penguat tanaman

    Pupuk penguat tanaman adalah pupuk yang bertujuan menguatkankan tanaman dari serangan hama penyakit dan cekaman lingkungan ( cuaca yang panas dan kekeringan). Contohnya yaitu pupuk boron agar tidak mudah rontok dan pupuk silika agar daun tanaman menjadi  lebih tebal.

    5. Pupuk peningkat kualitas

    Pupuk peningkat kualitas adalah pupuk untuk meningkatkan keseragaman panen (pematangan buah), cita rasa buah serta daya simpan. Contohnya pupuk ZK, KNO3.

     6. Pupuk penurun PH

    Pupuk penurun PH bertujuan untuk menurun PH tanah dari kondisi asam menjadi sesuai dengan PH cabai (5,5 -6,5). Contohnya pupuk delomit (kandungan Mg dan  Ca tinggi).


    7. Pupuk mikro

    Pupuk yang komposisinya dari unsur hara yaitu  mangan (Mn) Molibdenum (Mo), zincung / seng(Zn) , besi(Fe)  contoh pupuk Vitaflora.



     Penulis: Indah Rahayu
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini