-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Desa Pangkalan Jambi Menjadi Titik Kumpul Pembukaan Lampu Colok Tahun 2023

    Anang
    Senin, 27 Maret 2023, Maret 27, 2023 WIB Last Updated 2023-03-29T01:50:04Z

    Ads:


    Bengkalis, Indometro.id - Festival lampu colok tahun 1444 H/ 2023 M Kembali diadakan oleh Pemkab Bengkalis melalui dinas pariwisata kebudayaan, pemuda dan olah raga (Disparbudpora) Bengkalis.

    Di setiap tahun masyarakat kabupaten Bengkalis mengadakan pemasangan lampu colok pada bulan ramadhan tepatnya pada malam 27 Ramadhan Atau 27 Likur, Lampu colok adalah ciri khas dan budaya masyarakat Kabupaten Bengkalis pada umumnya, Dan lampu colok juga bertujuan untuk memeriahkan suasana bulan ramadhan.

    Dan di setiap Desa para pemuda dengan antusias penuh semangat mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai mempersiapkan untuk bahan kontruksi menaranya hingga lampu coloknya dengan berbagai ciri khas bentuk desainnya.

    Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Disparbudpora kembali menggelar lompa Lampu colok pada 1444 H/ 2023 M, Hal itu disampaikan Kepala dinas ( Kadis ) Disparbudpora dirungan rapat kerja pada, senin, 27 Maret 2023.

    " Yaa, untuk tahun ini kita kembali melaksanakan perlombaan lampu colok yang sebagai mana telah menjadi ciri khas kabupaten Bengkalis," Kata Edi Sakura selaku Kadis Disparbudpora Kabupaten Bengkalis.

    Adapun tahun ini yang menjadi titik kumpul dalam pembukaan nanti adalah di desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, Untuk ingin mengikuti perlombaan lampu colok ini siapa saja boleh, Seluruh masyatakat, Organisasi atau pun intansi dinas juga boleh siapa pun bisa serta untuk pendaftaran bisa langsung datang di dinas Disparbudpora atau memalui website kita," jelasnya.

    Dalam perlombaan ini kita mempersiapkan hadiah total sebesar Rp 63 juta dengan juara satu Rp.15 juta, Juara ke II Rp.13 juta, juara III Rp.11 juta dengan  Harapan sebesar Rp.9 juta, Harapan II Rp.8 juta dan juga Harapan III sebesar Rp.7 juta.

    Lanjut kadis, Kenapa diambil Desa  Pangkalan Jambi karna salah satunya Desa Pangkalan Jambi pernah mendapat juara III, Terkait tim penilai dari perlombaan ini sudah ada tiga juri yang sudah profesional dan mengerti sejarah tentang lampu Colok," papar Kadis.

    Pestipal lampu colok ini adalah salah satu langkah melestarikan budaya yang telah berjalan puluhan tahun yang lalu sebagai ciri khas kabupaten bengkalis, bahkan festifal lampu colok ini sekarang udah merambat ke tingkat Provinsi," tambah Edi sakura.**
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini