-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dinas Kesehatan Aceh Utara Gelar Workshop Untuk Disabilitas HDI 2021

    Kamis, 02 Desember 2021, Desember 02, 2021 WIB Last Updated 2021-12-02T08:48:06Z

    Ads:


    Aceh Utara, indometro.id -  Menyongsong peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Dinas Kesehatan Pemkab. Aceh Utara menggelar workshop dan seminar pengedalian dan pencegahan penyakit tidak menular. Dengan 100 orang  berasal dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial setempat, dilaksanakan dalam dua sesi.

    Hal tersebut disampaikan Ketua panitia, Khalid,SKM,M.Kes pada acara seminar di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Kamis (2/12/2021). Dia mengatakan, workshop ini menegaskan komitmen terhadap penyandang disabilitas sebagai implementasi Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas. 

    Workshop juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma negatif  terhadap penyandang disabilitas serta memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

    "Hal ini selaras dengan tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2021.  Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19," tegas Khalid.

    Kadis Kesehatan Aceh Utara, Amir Syifuddin, SKM diwakili oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Samsul Bahri, SKM, MKM dalam sambutannya berpesan, agar kekurangan tidak menjadi alasan bagi  penyandang disabilitas untuk patah semangat. Sebab penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama dengan manusia normal untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. 

    Menurut data Riskesdas tahun 2013,  jumlah penyandang disabilitas di Indonesia berusia dibawah 15 tahun sekitar 11 persen dari masyarakat Indonesia. Kemudian, pada tahun 2018 pada berumur 5-17 tahun sekitar 3,3 persen, umur 18 -59 tahun sebesar 22 persen. Selanjutnya pada usia 60 tahun keatas sebesar 2,6 persen mengalami disabilitas berat dan ketergantungan total.

    "Dengan melihat ini kita sadar dan yakini penyandang disabilitas merupakan bagian dari ragam masyarakat Indonesia yang tidak bisa dilupakan,” jelasnya.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini