Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar, Elly Irsyah: Sikap dan Perilaku Pelayanan Publik

Baca Juga

Pangkalan Baru,indometro.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Inpektorat Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan Polres Bangka Tengah dan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (SABER PUNGLI) dengan tema “Melalui Sapu Bersih Pungli Kita Wujudkan Birokrasi Bekerja Tanpa Pungli Agar Bangka Tengah Semakin Unggul”.

Bertempat di Ruang Pertemuan Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (25/11/2021), dihadiri Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum mewakili Bupati Bangka Tengah, Elly Irsyah, SH. MH., mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pelayanan publik, orientasi pada kekuasaan yang amat kuat selama ini telah membuat birokrasi menjadi semakin jauh dari misinya yaitu memberikan pelayanan publik.

“Birokrasi dan para pejabatnya lebih menetapkan dirinya sebagai penguasa dari pada sebagai pelayanan masyarakat. Akibatnya sikap dan perilaku birokrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik cenderung mengabaikan aspirasi dan kepentingan masyarakat sehingga mengusik rasa keadilan dalam masyarakat yang merasa diperlakukan secara tidak wajar oleh Birokrasi Publik,” lanjut Elly.

Menutup sambutan sekaligus membuka sosialisasi Saber Pungli, Elly mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Semoga pelayanan publik kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah dapat menjadi lebih optimal dan semakin unggul,” harap Elly.

Dalam kesempatan yang sama Hendar Sukmawati, S.H., selaku Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar ini merupakan program kerja dari Pokja Pencegahan Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah yang bekerja sama dengan Polres Bangka Tengah dan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah.

“Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk mencegah terjadinya pungutan liar dan agar seluruh masyarakat bisa mewaspadai adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tim saber pungli dalam memberantas pungli berharap adanya partisipasi dari berbagai pihak terutama masyarakat,” kata Hendar.

Menurutnya kegiatan sosialisasi ini akan terus digalakkan dan hampir seluruh kecamatan sudah dilaksanakan. Terkait dalam pelayanan masyarakat diharapkan tidak terjadi pungli yang sangat merugikan masyarakat.

“Kepada Petugas Pelayanan agar bekerja dengan sebaik mungkin jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat,” pesannya.

Hal senada dikatakan Yahuza, SE.,M.Ak., selaku Irban Investigasi Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar seluruh perangkat desa di Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah dapat memahami batasan-batasan pungli, grativikasi serta korupsi sehingga dapat dicegah didalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Dalam sosialisasi ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Bangka Tengah agar mengetahui apa saja yang termasuk dalam pungutan liar, terutama di bagian pelayanan jangan sampai ada pungutan liar yang tidak resmi atau pungutan lain yang tidak diatur dalam aturan. Bekerjalah sesuai dengan peraturan yang berlaku agar Kabupaten Bangka Tengah semakin unggul,” jelas Yahuza.

Narasumber sosialisasi Saber Pungli hari ini berasal dari Satuan Tugas Saber Pungli Kabupaten Bangka Tengah terdiri dari Pokja Penindakan Polres Bangka Tengah Bripka Okta Febriansyah, Pokja Pencegahan Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah Yahuza, SE.,M.Ak. Para peserta sosialisasi terdiri dari para Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Pangkalan Baru dan Simpang Katis beserta Anggota dan perangkatnya.

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Polres Bangka Tengah, Ketua dan anggota Pokja Saber Pungli Kabupaten Bangka Tengah, Camat Pangkalan Baru, Camat Simpang Katis, Kepala Puskesmas Pangkalan Baru, Benteng dan Simpang Katis, Perwakilan Polsek Pangkalan Baru, Kepala Desa se-Kecamatan Pangkalan Baru dan Simpang Katis beserta perangkatnya, Ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Pangkalan Baru dan Simpang Katis, para undangan lainnya.*


Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama