Hari Kedua Simposium Pendidikan, Algafry Inginkan SDM Unggul Berlandaskan IMTAQ dan IPTEK

Baca Juga

Koba,indometro.id - Festival Hari Guru Nasional 2021 Kabupaten Bangka Tengah masih berlangsung, terlihat Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST., didampingi oleh Ibu Bupati Bangka Tengah, drg. Eva Fidia Lestari hadir dalam acara simposium pendidikan.

Kegiatan ini terlaksana atas inisiatif Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah dalam memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021 bertempat di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Pemkab Bateng, Kamis (25/11/2021).

Sehari sebelumnya telah dilaksanakan juga seminar pendidikan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Kali ini giliran orang nomor satu di Bangka Tengah ini menjadi salah satu narasumber dalam seminar pendidikan, memaparkan materi "Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul berlandaskan IMTAQ dan IPTEK".

Sebelum memulai paparannya, Algafry berkesempatan memberikan bingkisan kepada salah seorang gurunya di masa SMA yang juga menjadi narasumber yakni Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. M. Sholeh, MM., sebagai rasa hormat dan cinta kasihnya kepada guru.

Dalam pemaparannya Algafry menyampaikan bahwa nilai relegius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan cinta tanah air sebagai pondasi karakter SDM unggul bagi setiap pelajar di Bangka Tengah.

“Guru dan siswa wajib memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi sebagai salah satu syarat pendidikan modern (pendidikan masa depan), sekaligus mendorong siswa untuk memanfaatkan teknologi secara aktif namun dengan memperhatikan nilai-nilai moral Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, ada 4 kompetensi yang wajib dimiliki guru di Bangka Tengah, yakni menguasai bahan pelajaran, kemampuan mendiagnosis tingkah laku siswa, kemampuan melaksanakan proses pengajaran, kemampuan mengukur hasil belajar. Sumber daya manusia unggul lahir dari pendidikan yang berkualitas dan guru yang kompeten sedangkan kecerdasan intelektual tanpa diikuti dengan karakter dan akhlak mulia menjadi suatu yang sia-sia.

“Perilaku anak-anak mengacu kepada perilaku guru, maka dari itu para guru harus memiliki kemampuan konseptual dalam mendidik, harus dinamis bukan statis,” pesan Algafry.

“Di era digital ini, wajib meningkatkan keimanan dan ketaqwaan karena merujuk kepada karakter anak-anak sehingga IMTAQ dan IPTEK tidak bisa dipisahkan harus terintegrasi. Ibu/Bapak guru lah yang pertama kali mengenalkan ke anak didik. Jika Ibu/Bapak Guru tidak menjadi suri tauladan maka kehancuran untuk anak didiknya,” papar Algafry.

Kegiatan di hari kedua ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Drs. Iskandar. Dalam sambutannya Ia bersyukur karena dinas pendidikan sudah melaksanakan kegiatan dengan lancar dan berbagai kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik.

“Momentum hari Guru Nasional tahun ini adalah momentum kebangkitan pendidikan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Iskandar berharap moment-moment penting yang ada di tahun 2021 ini untuk bangkitnya organisasi profesi di Kabupaten Bangka Tengah untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Mulai tahun ini lah semua profesi melibatkan diri untuk menyambut Hari Guru Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun PGRI,” ucap Iskandar seraya mengajak para guru yang ada di Kabupaten Bangka Tengah untuk membangun pendidikan di Bangka Tengah.

“Mari kita jadikan pendidikan menjadi lebih baik kedepannya dan saya yakin kita bisa menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa untuk pendidikan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah ini,” ajak Iskandar.

Turut hadir dalam acara ini Kepala LPMP Kepulauan Bangka Belitung Hendri Gunawan, ST, MT., sebagai narasumber, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah I, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Himpaudi Kabupaten Bangka Tengah, Ketua IGTKI Kabupaten Bangka Tengah, Ketua PGRI Kabupaten Bangka Tengah, Ketua IGI Kabupaten Bangka Tengah, Ketua APSI Kabupaten Bangka Tengah, Pengawas Sekolah Sekabupaten Bangka Tengah, Kepala Sekolah PAUD/TK/SD/SMP se - Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Sekolah MI/MTS/SMA se-Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Bangka Tengah.

Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama