Ticker

6/recent/Ticker-posts

Vidio Conference Gubsu dan Kepala Daerah Kab/Kota se-Sumatera Utara

Vidio Conference Gubsu dan Kepala Daerah Kab/Kota se-Sumatera Utara


Tebing Tinggi, indometro.id -- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan seluruh Bupati/Walikota se-Sumut melakukan Video conference membahas tentang kesiapan dan  persiapan lokasi dan penyimpanan vaksinasi covid-19 di tiap-tiap daerah Kabupaten/Kota  se-Sumatera Utara.

Dalam Video conference tersebut Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa  saat ini penyaluran vaksin ke daerah masih menunggu hasil dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan meminta kepada Bupati dan Walikota agar nanti harus mengecek langsung kesiapan vaksinansi, tenaga vasinator dan kebutuhan pendukung lainnya, lakukan pengecekan fisik, dan memastikan tempat penyimpanan sesuai standard pengamanan vaksin. 

"Kedepan, seluruh dokter, tenaga kesehatan dimanapun tempat kerjanya , baik yang berada di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, khususnya yang terlibat langsung dengan pasien Covid-19, wajib melakukan pemeriksaan PCR " ucap Edy Rahmayadi.

"Pemeriksaan PCR harus dilakukan setiap dua Minggu sekali. Tentu hasil pemeriksaan dimaksud juga harus dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota atau ke Dinas Kesehatan Propinsi" tegas Edy Rahmayadi

Gubernur pun menekankan agar mengetatkan pemeriksaan Swab PCR pada pegawai di perkantoran, baik pemerintah maupun swasta, warga binaan pemasyarakatan di Lapas, jemaah di rumah ibadah dan orang-orang berstatus kontak erat, contact tracing dilakukan kepada 36 orang kontak erat dari 1 kasus konfirmasi covid-19.

"Selanjutnya ,  Pemeriksaan PCR kita  akan arahkan kepada pegawai di perkantoran, baik pemerintah maupun swasta, warga binaan pemasyarakatan di Lapas, jemaah di rumah ibadah dan orang-orang berstatus kontak erat, contact tracing dilakukan kepada 36 orang kontak erat dari 1 kasus konfirmasi covid-19," kata Edy Rahmayadi lagi.

Selanjutnya, Gubernur pun mengingatkan agar tidak mengendurkan kewaspadaan dalam menangani covid-19 di daerah masing-masing.

"Buat Saudara saudara Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara tanpa terkecuali,  kami minta untuk tidak memberikan peluang sedikitpun kepada yang namanya lalai. .. Ingat.. kita harus mengetatkan dan memperkuat kewaspadaan dalam upaya kita menangani Covid-19 di Daerah kita masing masing" Tegas Edy Rahmayadi.

"Terakhir, Lakukan persiapan lokasi dan tempat penyimpanan vaksin covid-19  dengan baik sesuai dengan standard yang sudah ditentukan Pemerintah Pusat, karena dalam waktu dekat aksin covid-19 akan dikirimkan ke daerah masing masing" Tutup Edy Rahmayadi.

Untuk point' kesiapan dan persiapan lokasi penyimpanan vaksin covid-19 yang sesuai dengan standard aturan dan ketetapan Pemerintah, Walikota Tebingtinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tebingtinggi sudah punya lokasi tempat penyimpanan vaksin covid-19 yang sesuai standard ketentuan pemerintah.

" Kita, Pemerintah Kota Tebingtinggi sudah punya lokasi dan tempat penyimpanan vaksin covid-19 dan itu sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat. Kita akan simpan semua vaksin di ruangan Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Jalan Gunung Lauser, Kota Tebing Tinggi" Kata Umar.

(Skn.53)

Artikel Terkait