Jakarta akan membuka kembali bioskop - Indometro Media

Berita Terbaru

Wednesday, August 26, 2020

Jakarta akan membuka kembali bioskop

Baca Juga

Sumber foto YouTube BNPB Indonesia


Jakarta, indometro.id -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Jakarta akan membuka kembali bioskop dalam waktu dekat. Perencanaan pembukaan bioskop ini disampaikan langsung yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Pada Hari Rabu ( 26/08 )

Tidak hanya Pemprov DKI Jakarta perencanaan ini juga melibatkan Sadgas Penanganan Covid serta Mentri Kesehatan dan Mentri Parekraf ikut terlibat dalam perencanaan pembukaan bioskop di DKI Jakarta.

"Tadi pagi kita mendiskusikan bersama sama terkait dengan rencana pembukaan kegiatan bioskop diprovinsi DKI jakarta, jadi selain dari Sadgas Penangan Covid, juga ada dari Kementrian Kesehatan, juga ada dari Kementrian Parekraf" Ujar Anies

Tidak hanya itu Anies juga menyiapkan regulasi untuk mengatur pembukaan bioskop nanti .

"Pertama kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap dan regulasi itu memasukkan semua unsur-unsur yang tadi disampaikan Prof Wiku. Satu soal kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton di bioskop, yang kedua terkait dengan pemesanan tiket yang semua harus dilakukan secara online, dan tidak ada pembelian tiket di lokasi," kata Anies.

"Kemudian juga tentang masker, filtrasi udara, lalu pembersihan secara teratur, kemudian juga tentang pengaturan tempat duduk di dalam bioskop dan kewajiban untuk mentaati prinsip 3 M untuk para karyawan dan proses menuju dan keluar dari lokasi bioskop," lanjutnya.

Anies menambahkan bahwa pihaknya telah membicarakan dengan para pelaku industri mengenai regulasi ini. mereka juga telah bersiap menerapkan protokol kesehatan jika bioskop dibuka kembali.

"Jadi satu regulasi, kedua adalah pengaturan dengan para pelaku di industri ini. Pembicaraan sudah berlangsung dan para pelaku juga sudah dalam posisi bersiap karena selama beberapa waktu ini terutama sejak bulan Juni sesudah DKI memasuki masa transisi, para pelaku di sektor ini sudah berkomunikasi dekat untuk membahas tentang persiapannya," ujarnya.

Namun tanggal pembukaan bioskop belum ada tanggal yang pasti. Namun Anies mengatakan bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. Ia juga mengatakan akan mengawasi dengan ketat saat bioskop telah dibuka lagi.

"Jadi kesimpulan pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat ini, kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi yang detail, adanya pengawasan ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa pada masyarakat tanpa memberikan resiko yang besar. Dan bagi masyarakat juga ketika berkegiatan mereka akan bisa merasa aman," tutur Anies.

Serta menurut Anies dari berbagai kajian sesungguhnya ada beberapa keunikan .

“Dari berbagai kajian sesungguhnya ada beberapa keunikan didalam kegiatan bioskop. Pertama, para penonton ini tidak saling berbicara ini berbeda dengan diRestoran, diCafe. Dimana satu sama lain saling ngobrol, kalaw dibioskop justru semua diam, kalaupun ada percakapan maka percakapan itu antar orang yang kenal, jarang ada percakapan antar orang tidak kenal Kemudian, posisinya pun satu arah semuanya berbicara dengan arah yang sama bukan intiraksi berhadap hadapan jadi ada beberapa kegiatan netur kegiatan yang unik “ Ujar Anies. (alif)

No comments:

Post a Comment