-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    BST Belum Disalurkan, Pemkab Bengkalis Diagap Tidak Serius Bantu Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19

    redaksi
    Selasa, 04 Agustus 2020, Agustus 04, 2020 WIB Last Updated 2020-08-04T04:37:06Z

    Ads:

    Ilustrasi

    Bengkalis, indometro.id - Belum disalurkannya Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II dan III untuk masyarakat kelurahan menunjukkan kesan tidak keseriusanya Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19.

    Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat Persatuan Rakyat Indonesia Anti Korupsi (DPC LSM PERISAI) Kabupaten Bengkalis, Rusli kepada sejumlah wartawan, Senin (03/08/2020).

    Dikatakan Rusli, Bantuan Sosial Tunai (BST) kelurahan yang bersumber dari APBD, merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

    Penyaluran BST tersebut, lanjut Rusli, dibagi secara bertahap.

    "Tahap I untuk bulan April, tahap II untuk bulan Mei dan tahap III untuk bulan Juni," jelasnya.

    Penyaluran BST tahap I, memang telah selesai disalurkan bulan Juni yang lalu. Akan tetapi, untuk tahap II dan III, sampai saat sekarang ini, belum ada realisasinya, tambahnya.

    Seharusnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis harus segera menyalurkankan BST tersebut, mengingat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I, II dan III sudah selesai direalisasikan. Padahal, alokasinya bukan dari dana Covid-19, melainkan dari dana desa.

    "Pemkab Bengkalis seharusnya lebih serius kalau memang mau membantu masyarakat. Anggaran untuk Covid-19 cukup besar, mencapai 182.7 miliar. Kalau ada regulasi yang harus diselesaikan, ya cepat selesaikan," tambahnya dengan nada kesal.

    Jangan karena ini,  timbul persepsi negatif ditengah-tengah masyarakat terhadap Pemerintah terkait penggunaan dana Covid-19,"jelasnya.

    Ditempat terpisah, Plt. Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Jurnalis Online Indonesia (DPC AJOI) Kabupaten Bengkalis Basir mengatakan, Pemkab Bengkalis seharusnya lebih peduli dengan keadaan ekonomi masyarakatnya yang saat ini sedang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19.

    "Pemerintahan Kabupaten Bengkalis jangan hanya bisa memberi harapan. Masyarakat tidak butuh program-program muluk yang tidak ada realisasinya. Mereka hanya butuh kerja nyata Pemerintah yang berpihak kepada mereka, salah satunya BST ini," jelas Basir.

    Untuk itu, lanjut Basir, ia berharap, Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dapat segera merealisasikan BST kelurahan tersebut.
    Apalagi, dana untuk BST kan sudah ada alokasinya. Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga sudah ada dan sudah diverifikasi, jadi tunggu apa lagi.

    "Jangan biarkan masyarakat menunggu dan jangan sampai keterlambatan penyaluran BST ini menimbulkan gejolak yang tidak baik ditengah-tengah masyarakat nantinya," ucap Basir mengakhiri.(anang)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini