Ticker

6/recent/Ticker-posts

Puluhan Pelajar SMA/SMK di Blitar Dinyatakan Tak Lulus Sekolah

Dispendik Kabupaten dan Kota Blitar 


Blitar, indometro.id - Sebanyak 31 pelajar setingkat SMA/SMK di Blitar Raya tidak lulus sekolah. Ada beberapa faktor yang membuat mereka tidak lulus. Di antaranya sengaja mengundurkan diri.
Data yang dihimpun detikcom dari Dinas Pendidikan Cabang Blitar, untuk Kota Blitar, dari 1.631 pelajar SMA semua dinyatakan lulus. Untuk SMK dengan jumlah total sebanyak 3.379 pelajar, ada 15 pelajar dinyatakan tidak lulus.
Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Blitar, dari total jumlah pelajar SMA 2.906, ada sebanyak 7 pelajar dinyatakan tidak lulus. Untuk SMK, dari jumlah total pelajar sebanyak 4.602 ada 9 pelajar dinyatakan tidak lulus.
Kepala Dinas Pendidikan Cabang Blitar, Ramli mengatakan mereka yang tidak lulus ini karena ada beberapa faktor. Diantaranya sengaja mengundurkan diri.
"Jadi mereka sudah memberitahukan ke pihak sekolah jika mengundurkan diri. Faktor lain karena nilanya tidak cukup dan absensinya tidak memenuhi syarat kelulusan," jawab Ramli dikonfirmasi detikcom, Selasa (5/5/2020).
Dinas Pendidikan Cabang Blitar juga telah menerima laporan, beberapa pelajar ini telah diterima masuk di perguruan tinggi. Dengan rincian, untuk wilayah Kota Blitar, dari pelajar SMA sebanyak 141. Sedangkan dari pelajar SMK sebanyak 43.
Sementara untuk wilayah Kabupaten Blitar, sebanyak 212 pelajar SMA telah diterima di perguruan tinggi dan 28 pelajar SMK juga dilaporkan telah diterima di perguruan tinggi.
"Untuk ijazah, saat ini sedang proses cetak dan jika sudah jadi akan dikirim ke sekolah masing-masing," imbuhnya.
Ramli juga mengimbau, agar para pelajar tidak melakukan konvoi untuk merayakan kelulusan ini. Imbauan disampaikan ke pihak sekolah, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

berita ini dikutip dari : detiknews