-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    BNN Temukan 50 Ribu Pengguna Narkoba Di Bali

    redaksi
    Rabu, 26 September 2018, September 26, 2018 WIB Last Updated 2018-09-26T01:59:17Z

    Ads:

    BNN Temukan 50 Ribu Pengguna Narkoba Di Bali
    Ilustrasi
    INDOMETRO.ID - Indonesia sedang mengalami masalah darurat narkoba.Hal itu yang membuat pemerintah mengadakan pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) pada 24-26 September di Grand Mega Hotel Bali.

    "Peredaran narkoba semakin menggila, tidak hanya di kota saja tetapi telah masuk ke desa-desa. Bahkan menurut data Badan Narkotika Nasional, peredaran narkoba sudah masuk ke pelosok-pelosok hutan di Kalimantan, Sumatera dan lainnya," jelas Asdep Bidang Kepemudaan dan Olah Raga Kemenko PMK Alfredo dalam keterangannya, Selasa (25/9).

    Kepala BNN Bali Brigjen I Putu Gede Suastawa mengatakan bahwa di wilayahnya ada sekitar 50 ribu pengguna narkoba. Saat ini pemerintah setempat tengah berupaya kuat melakukan pemberantasan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan desa adat.

    "Kami sedang melakukan upaya pemberantasan. Dimulai dari aparatur pemerintah dengan program tes urine dan akan ditindak tegas bagi yang positif," ungkapnya dalam materi diskusi tentang Pengetahuan Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi.

    "Selain itu, kami juga melakukan kerja sama dengan desa adat di seluruh Bali untuk melakukan pengawalan dan pendampingan korban penyalahgunaan narkoba. Regulasinya sudah diatur oleh perda, di mana setiap desa diwajibkan membentuk relawan," tambah Gede Suastawa.


    BACA JUGA:

    KPU dan Bawaslu Diminta Tidak Berat Sebelah di Pilpres


    Relawan dari desa adat diberi wewenang untuk memberi sanksi bagi penyalahguna narkoba. Tetapi bagi pengguna narkoba yang sukarela melaporkan diri akan difasilitasi oleh BNN untuk mendapat rehabilitasi, bebas hukuman dan dijaga kerahasiaannya.

    Adapun, pelatihan KIPAN yang ditujukan bagi generasi muda telah diselenggarakan selama tiga tahun. Pada tahun ini, ada tiga pelatihan dicanangkan yaitu di Aceh, Bali, dan Jakarta.(rmol)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini