Arkeolog Temukan Kerangka Ikan Kuno Di Krimea - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, August 19, 2018

Arkeolog Temukan Kerangka Ikan Kuno Di Krimea

Baca Juga

Arkeolog Temukan Kerangka Ikan Kuno Di Krimea
Keranka ikan kuno
INDOMETRO.IDSekelompok arkeolog di Krimea berhasil menemukan kerangka ikan paus kuno. Kerangka itu ditemukan saat mereka memeriksa situs kereta api masa depan.

Ikan paus itu sendiri diprediksi hidup di laut 10 juta tahun yang lalu. 

Tulang belakang dan tulang rusuk dari Cetotherium (bahasa Latin untuk ‘whale beast’), yang merupakan kerabat paus modern yang telah punah, ditemukan di Semenanjung Kerch. Pada saat itu para arkeolog sedang memeriksa lahan yang diperuntukkan untuk pembangunan rel kereta api. 

Makhluk prasejarah itu panjangnya sekitar lima meter. Penemuan ini tidak mengherankan, mengingat bahwa situs tersebut dulunya berada di bawah laut, di jantung Laut Sarmatian. 

"Laut akhirnya menjadi tanah," kata Sergey Yazikov, seorang peneliti di Arkeologi Institut Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia sperti dimuat Russia Today.

"Lapisan geologis telah naik, dan kerangka ikan paus muncul di atas, meskipun itu digunakan untuk beristirahat di dasar laut," tambahnya. 

Dmitry Startsev dari museum zoologi Universitas Krimea mengatakan, kerangka yang ditemukan cukup unik. 

“Semua fragmen adalah bagian dari spesimen tunggal. Penemuan semacam itu tidak sering terjadi. Struktur jaringan tulang sangat terlihat," tutupnya.(rmol)

No comments:

Post a Comment