-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Serahkan Berkas APBDes ke KPPN, Camat serta Ratusan Reje Kampung Diberi Penghargaan

    Yan Hasmadi
    Jumat, 22 Maret 2024, Maret 22, 2024 WIB Last Updated 2024-03-22T07:06:06Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    BENER MERIAH || Indometro.id - Para camat serta ratusan reje kampung (kepala desa) di Kabupaten Bener Meriah diberikan penghargaan oleh Pj Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si lantaran telah menyelesaikan berkas Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024 dan telah diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Takengon.  

     

    Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap desa-desa yang telah menyelesaikan berkas APBdes 2024, berkas tersebut, diantar langsung oleh Pj Bupati Haili Yoga, didampingi Pj Sekda, Khairmansyah serta sejumlah pejabat OPD setempat, ke KPPN Takengon, Selasa (2/1) kemarin.

     

    “Ini merupakan kado terindah di awal tahun 2024 dari seluruh reje kampung karena dari total jumlah desa sebanyak 232 kampung, 116 diantaranya telah rampung menyelesaikan APBDes dan telah diserahkan ke KPPN Takengon,” kata Haili Yoga. 

     

    Haili Yoga mengaku bangga dengan capaian tersebut, karena baru dua hari pergantian tahun, tepatnya 2 Januari 2024 tetapi ratusan desa telah berhasil merampungkan berkas APBDes. “Kabupaten Bener Meriah, menjadi yang tercepat dalam pengusulan APBDes 2024 se-Indonesia. Ini merupakan sebuah prestasi yang baik,” akunya. 

     

    Menurut Pj Bupati Bener Meriah ini, dengan cepatnya penyerahan berkas APBDes ke KPPN Takengon, sehingga dimungkinkan proses pencairan Dana Desa untuk tahap pertama bisa lebih dipercepat. “Tentu semua ini, akan berdampak pada realisasi pembangunan di tingkat kampung, demi kemajuan daerah serta kesejahteraan masyakat,” ucap Haili Yoga. 

     

    Disebutkan, adapun pemberian penghargaan bagi para camat serta reje kampung, merupakan bagian dari upaya untuk memotivasi aparat desa agar bekerja lebih cepat dan tepat sehingga semua program bisa berjalan dengan baik. “Untuk desa-desa yang belum menyelesaikan berkas APBDes tahun 2024, diharapkan dalam waktu dekat bisa segera merampungkannya,” harap Haili Yoga.

     

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Bener Meriah Ismail, SE. M. Si mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong 232 Kampung untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dana desa sesuai dengan regulasi pusat dan daerah. "Pengunaan Dana Desa merujuk pada Permendes Nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024," jelasnya.  

     

    DisampaikanIsmail, fokus pengunaan Dana Desa tahun 2024 dengan rincian, untuk penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) maksimal 25 persen, program ketahanan pangan hewani dan nabati 20 persen, operasional Ppemerintah desa 3 persen, program pencegahan dan penurunan stunting dan program prioritas di desa. 

     

    Adapun penyerahan penghargaan itu, diserahkan oleh Pj Bupati Haili Yoga di sela apel pagi perdana d tahun 2024 yang berlangsung di halaman Setdakab Bener Meriah, Selasa (2/1/2024). Selain camat dan reje kampung, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah OPD karena telah ikut menyukseskan semua rangkaian kegiata HUT ke-20 Bener Meriah. (Hd).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini