-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pemdes Koting A Gelar Bimtek Pemutakhiran Data SDGs Desa Tahun 2024

    Senin, 26 Februari 2024, Februari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-02-27T13:37:56Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Pemutakhiran Data SDGs Desa tahun 2024

    Maumere, indometro.idPemerintah Desa Koting A Kecamatan Koting Kabupaten Sikka bersama Tenaga Pendamping Profesional pada hari, Senin, (26/2/2024) melaksanakan Bimbingan Teknis bagi Kelompok Kerja Relawan Pemutakhiran SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa. 


    Bimtek dilaksanakan di Aula Kantor BPD Desa Koting A dan dihadiri oleh Penjabat Kepala Desa Koting A, Perangkat Desa, Ketua dan anggota BPD, para Ketua RT/RW, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa. 


    Penjabat Kepala Desa Koting A, Natalia C. Bella Wangge, S. Ip, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Relawan atas kesediaanya berpartisipasi pada proses pendataan Desa.


    Menurutnya, kegiatan Bimtek ini sebagai bekal bagi relawan dalam melakukan pendataan di lapangan. Relawan diberikan pemahaman tentang pengisian kuisioner baik secara manual maupun dashboard. 


    Pemutakhiran akan dilakukan dengan mendatangi secara langsung Kepala Keluarga maupun individu. Sehingga, data yang diperoleh benar-benar akurat dan menggambarkan kondisi ril Desa. 


    Pemutakhiran SDGs Desa tahun 2024

    Ia menambahkan, masing-masing relawan akan dibekali dengan alat kerja berupa kuisioner pendataan serta fasilitas internet selama bertugas. 


    "Terima kasih teman- teman relawan. Pemutakhiran dilakukan secara langsung di lapangan, sehingga data benar-benar akurat dan menggambarkan kondisi ril Desa" ungkapnya. 


    Ketua BPD Desa Koting A, Donarus Widiyanto. pada kesempatan tersebut meminta para Ketua RT dan RW menyampaikan kepada warga agar dapat memberikan informasi yang objektif ketika didatangi relawan. 


    "Bapak ibu RT dan RW tolong sampaikan ke warga agar bisa bekerja sama memberikan informasi yang objektif", katanya. 


    Pendamping Desa, Silvester Moan Nurak, ketika menyampaikan materi, menjelaskan, hasil pemutakhiran data SDGs Desa sebagai pedoman bagi pemerintah pusat merumuskan rekomendasi pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat. 


    "Hasil pemutakhiran data SDGs ini digunakan sebagai basis pengisian data Indeks Desa Membangun (IDM) guna menentukan status kemajuan Desa" ujarnya. 


    Bimtek akan diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama, relawan diberikan pemahaman tentang pengisian kuisioner pendataan mulai dari kuisioner individu, keluarga, Rukun Tetangga sampai pada kuisioner pendataan Desa. 


    Selain itu, dijelaskan tentang teknis rekapitulasi data. Dalam rekapitulasi nantinya, tidak hanya menyebutkan akumulasi angka tetapi langsung mengklasifikasikan objek yang di data pada setiap indikator. 


    "Tidak hanya menyebut berapa jumlah rumah tidak layak huni di masing-masing RT, tetapi langsung menyebutkan juga siapa- siapa Kepala Keluarga pemilik rumah tersebut", jelasnya. 


    Bimtek berikutnya adalah pengisian data hasil pemutakhiran ke dalam dashboard SDGs Desa. Bimtek kedua akan diberikan setelah relawan menyelesaikan seluruh proses pemutakhiran manual di lapangan. Kegiatan pemutakhiran ditargetkan selesai dalam waktu dua minggu terhitung mulai pada tanggal 1 Maret 2024.


    Pemutakhiran data SDGs Desa

    Pendataan SDGs Desa merupakan program Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. ***




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini