-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Wujud Rasa Syukur, Warga Desa Karangsari Kabupaten Lumajang Gelar Tradisi Grebek Tumpeng dan Sedekah Bumi

    Jumat, 29 Desember 2023, Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-28T18:20:14Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh




    Lumajang, indometro.id. Kamis, 28/12/2023. Ritual Sedekah Bumi setiap tahun digelar oleh masyarakat Desa Karangsari Kabupaten Lumajang. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas kekayaan alam yang melimpah dan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat Desa Karangsari. 


    Diawali dengan pertunjukan drum band, ribuan masyarakat tampak mengikuti iring-iringan Tumpeng Raksasa yang diarak mengeliling Desa Karangsari. Menariknya dalam ritual tersebut adalah tumpeng raksasa yang diarak dan diikuti oleh masyarakat Desa Karangsari diisi dengan aneka hasil pertanian dan perkebunan. Ada terong, kacang, jagung, pisang, gubis, tomat dan sayuran lainnya. Semua sayuran dan buah ini berasal dari lahan pertanian sekitar.











    Kemudian, tumpeng raksasa berisi hasil sedekah bumi tersebut dibawa kembali ke titik awal dan diperebutkan oleh warga yang berkumpul.

    Salah satu warga yang hadir mengatakan “kegiatan ini merupakan tradisi sekaligus ritual yang memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Karangsari. Karena dengan adanya ritual seperti ini, kita bisa tetap guyub rukun dengan sesama. Saya berharap pemerintah Kabupaten Lumajang ke depannya menjadikan acara yang lebih besar, sehingga warga Desa Karangsari ini bisa semakin kompak” ungkap Sholeh Warga Desa Karangsari.

    Sugiantoro Kepala Desa Dusun Sidomukti, Desa Karangsari Kabupaten Lumajang turut hadir dalam acara tersebut. 

    Sugiantoro mengatakan “Tujuan utama kita semua dalam acara ritual ini yang paling utama adalah bersyukur kepada Allah SWT, bahwa sampai tahun 2023 saat ini Desa Karangsari senantiasa masih diberikan Rahmat dan nikmat yang tak terhingga, terutama kesehatan lahir dan batin. Sehingga masyarakat Desa Karangsari tetap tentram dan damai”. 

    “Berkenaan dengan itu kita mengadakan grebek tumpeng dan hasil bumi yang kedua kali ini, maksut dan tujuannya adalah untuk mengingat para leluhur kita. Desa Karangsari tidak mungkin seperti sekarang ini tanpa adanya para leluhur. Selain mensyukuri kekayaan alam yang melimpah, melalui ritual ini kita doakan para leluhur yang sudah meninggalkan kita, mudah – mudahan amal dan perbuatan baik mereka selama masih hidup di dunia diterima disisi Allah SWT. Tak lupa juga kita berdoa untuk diri kita sendiri beserta keluarga, semoga dengan adanya ritual ini rasa syukur kita nantinya akan ditambah lagi oleh Allah SWT” ungkapnya.   

    Sugiantoro berharap, ritual grebek tumpeng dan sedekah bumi ini bisa di jadikan agenda rutin setiap tahun. Dan dengan adanya kegiatan ini Desa Karangsari Kabupten Lumajang kedepannya lebih maju, aman dan Sejahtera.(B.K)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini