-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kapolsek Dolok Merawan Hadiri Giat Musrenbang RKPD di Kantor Camat

    Redaksi
    Selasa, 21 Februari 2023, Februari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-21T08:35:18Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Tebing Tinggi, Indometro.id -

    Kapolsek Dolok Merawan Resor Tebing Tinggi AKP Surianto Pinem, SH menghadiri pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD ( Rencana Kerja Pembangunan Desa ) Tahun 2023 di Aula Kantor Camat Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai yang termasuk wilayah hukum Polres Tebing Tinggi, Selasa (21/2/2023).


    Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Ketua Tim Musrenbang Pemkab Sergai drh. Andarias Ginting dan rombongan, Camat  Dolok Merawan Alfian Purba , SE. MM,  Kapolsek Dolok Merawan AKP Surianto Pinem, SH, Kepala Dinas Jawatan Dolok Merawan, Kepala Desa se-Kecamatan Dolok Merawan, Sekdes se-Kecamatan Dolok Merawan, KPM (Kader Pemberdayaan Masyarakat) Desa se-Kecamatan Dolok Merawan.


    Dalam sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kecamatan telah didahului dengan pelaksanaan Pra Musrenbang.

    "Diharapkan para Camat melakukan tahapan Musrenbang di dalam sistem informasi pemerintah daerah (SPD) guna menjamin keselarasan program kegiatan pemerintah daerah dengan pemerintah Desa. Musrembang ini harus kita jadikan sebagai tahapan untuk mendorong percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati tahun 2021-2024 yaitu " Mewujudkan kabupaten Serdang Bedagai yang mandiri sejahtera dan religius di tahun 2024", ungkap Bupati.



    Lebih dalam, Bupati mengatakan, musyawarah perencanaan pembangunan merupakan rangkaian proses yang dimulai dari desa sebagai wahana untuk berdiskusi, berembuk atau bertukar pikiran antara pemangku kepentingan untuk mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah, yang artinya pendekatan pembangunan tidak hanya perencanaan dari atas melainkan mengakomodir pendapat, kekurangan dan kelebihan saran masukan dan pemikiran positif dari bawah atau Bottom up planning.


    Usulan pembangunan dari desa dan kelurahan, tuturnya, merupakan kebutuhan prioritas dari seluruh masyarakat dan bukan keinginan satu kelompok masyarakat atau satu organisasi saja untuk mewujudkan hal tersebut.

    "Maka pada hari ini musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) RKPD di kecamatan menentukan prioritas pembangunan kecamatan yang merupakan usulan desa atau kelurahan dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten Serdang Bedagai tahun 2024. Untuk tahun 2024, Sapta Dambaan masih tetap menjadi prioritas kabupaten Serdang Bedagai yang meliputi sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (sekolah mantab), masyarakat sehat dan religius, pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi Dambaan," sambungnya.


    Pada tahun 2024 akan melaksanakan pesta demokrasi, kita harus menjaga stabilitas politik dan keamanan tahun 2024 serta situasi kondisi di masyarakat dan harus memiliki sensitivitasi serta sering turun ke lapangan terkait dengan persiapan 2024. 


    "Dana APBD akan terserap untuk kegiatan tersebut, jadi kepala perangkat daerah harus pintar dan jeli memilih dan memilah program kegiatan yang sangat-sangat prioritas. Mari kita jaga bersama, sehingga kita dapat mempertahankan kualitas dari yang telah kita bangun," katanya.


    Kurun waktu 2021 - 2022 ini, imbuhnya, kita banyak melaksanakan pembangunan pencapaian pembangunan dan penghargaan telah didapat antara lain penduduk miskin Serdang Bedagai Tahun 2022 sebesar 7,82% mengalami penurunan sebesar 0,48% dari tahun sebelumnya atau 48.220 jiwa, jalan kabupaten sepanjang 600,004 Km atau 60,97% dalam kondisi baik.


    "Data prevalensi stunting kabupaten Serdang Bedagai tahun 2021 masih 20% serta sungai Sei Belutu sudah di normalisasi sepanjang 8700 meter dengan sumber dana partisipasi dari perusahaan (CSR)," tandasnya.


    (AS/IY)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini