-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Trophy “Proiklim” Nasional Tahun 2021, di Raih Kampung Umelah Kabupaten Gayo Lues

    batnews.site
    Selasa, 19 Oktober 2021, Oktober 19, 2021 WIB Last Updated 2021-10-19T14:05:49Z

    Ads:

    Gayo Lues, indometro.id -

    Kampung Umelah Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues terima tropi Proklim tingkat utama Nasional. (Selasa, 19/10/2021)

    Acara yang dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tersebut diikuti oleh beberapa Kabupaten penerima tropi Proklim Nasional yang salah satunya adalah Kabupaten Gayo Lues.

    Dari 4 Desa di Provinsi Aceh yang mengikuti verifikasi Nasional Program kampung Iklim (Proklim) 2021, kampung Umelah Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues berhasil meraih tropi Kampung Iklim Utama. Sementara itu 3 desa dari Provinsi Aceh lainnya menerima sertifikat Proklim.

    Alasan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Lingkungan Hidup memilih kampung Umelah sebagai kampung Proklim adalah karena adanya komitmen masyarakat terhadap upaya pelestarian dan menjaga lingkungan yang dibuktikan dengan dilaksanakannya aksi Adaptasi, Mitigasi dan Kelembagaan dalam menjaga lingkungan tersebut.

    Menjaga sumber mata air dengan melakukan penanaman vegetasi di sekitar sumber mata air sebagai upaya adaptasi, melakukan penghijauan di desa, pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi kompos dan penggunaan tungku kayu bakar sebagai perwujudan Aksi Mitigasi adalah beberapa hal yang dinilai dan menjadi poin utama yang mendukung kemenangan Desa Umelah dalam meraih tropi Proklim 2021 ini.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup drh. Ibnu Hafit menyebutkan bahwa salah satu manfaat kegiatan Proklim ini dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

    Khairul Anwar, S. Hut. MP Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, mengungkapkan Tropi Proklim ini di rencanakan akan diserahakan secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues kepada Desa Umelah di bulan November 2021 mendatang.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini