-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Bersama Tim Saber Komitmen Berantas Pungli

    Minggu, 03 Oktober 2021, Oktober 03, 2021 WIB Last Updated 2021-10-03T11:38:59Z

    Ads:

    Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Bersama Tim Saber Komitmen Berantas Pungli


    Jakarta, indometro.id - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Benni Aguscandra menyatakan pihaknya bersama Tim Saber Pungli berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta bebas dari Pungutan Liar (Pungli). 

    Pungutan yang dilakukan tanpa dasar hukum yang legal atau lebih dikenal dengan sebutan pungli kerap meresahkan masyarakat. Tidak hanya membebani masyarakat secara ekonomi, pungli juga merusak tatanan nilai pelayanan yang sejatinya berlandaskan pengabdian dan ketulusan. 

    Negara sendiri telah menetapkan pungli sebagai salah satu tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) serta penerapan sanksi hukum terhadap tindakan tersebut juga telah diatur dalam Undang- Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

    Mengingat bahaya laten pungli yang telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara maka Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Potensi Rawan Pungli pada Pelayanan Publik yang diikuti oleh seluruh pimpinan dan pegawai DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. 

    Acara itu dilaksanakan secara Hybrid (Luring dan Daring) termasuk service point atau Unit Pelaksana PMPTSP Kelurahan, PMPTSP Kecamatan, PMPTSP Kota Administrasi, PMPTSP Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, pada 2 Oktober 2021.

    Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengemukakan bahwa pihaknya mendukung penuh pemberantasan pungli di Jakarta. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa melakukan perbaikan kualitas layanan di segala bidang, termasuk dalam pembangunan Zona Integritas sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang berintegritas dan pelayanan berkualitas sebagaimana arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam mewujudkan Jakarta Bebas dari Pungli.

    "Membangun zona Integritas adalah hal mutlak yang harus terus dilakukan oleh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan utama memacu seluruh unsur pegawai agar melakukan upaya perbaikan birokrasi dan mencegah praktik korupsi dan pungli guna mewujudkan Jakarta bebas dari Pungli," kata Benni melalui surat elektronik yang diterima oleh indometro.id, minggu (3/10/2021), 

    Menurut Benni, pihaknya menerapkan tiga prinsip utama dalam praktik baik pencegahan pungli pada perizinan/ non-perizinan.

    "Intinya tiga saja supaya izin itu tidak rawan pungli. Pertama, predictable, seluruh izin harus ada kepastian waktu penerbitannya. Jika ditargetkan selesai dalam waktu 14 hari kerja, maka harus selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan," ujarnya.

    Kedua, yaitu digitalisasi layanan melalui aplikasi perizinan yang bertujuan untuk mengurangi tatap muka pada seluruh tahapan pemrosesan perizinan. Dengan pemrosesan digital, maka seluruh tahapan prosedur penerbitan perizinan/ non-perizinan dapat dilihat secara transparan oleh pemohon.

    "Dan prinsip Ketiga, yaitu tidak membebani. Jika selama ini masyarakat memandang izin sebagai suatu pembatas, maka dewasa ini kami ingin masyarakat memandang izin sebagai fasilitas dengan berbagai kemudahan melalui inovasi layanan yang kami berikan kepada masyarakat untuk mendapatkan legalitas dan kepastian hukum," tambah dia.

    Benni menerangkan, upaya- upaya yang dilakukan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta, dikatakan Benni telah membuahkan pencapaian dengan meraih berbagai penghargaan di bidang pelayanan publik. 

    Diantaranya Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Nilai Tertinggi (A) atau kategori Pelayanan Prima dan Penganugerahan Zona Integritas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia.

    Sementara itu, Insepektur Pembantu Bidang Investigasi Inspektorat Provinsi DKI Jakarta, M. Nirwan Nawawi mengungkapkan bahwa Tim Saber Pungli serius dalam membasmi pungli di Jakarta.

    "Saya mengapresiasi DPMPTSP yang sangat serius dalam mempersiapkan pelaksanaan acara ini. Hal ini sejalan dengan semangat Tim Saber Pungli yang juga sangat serius dalam rangka membasmi pungli di Jakarta," kata Nirwan dalam acara tersebut di Mal Pelayanan Publik.

    Menurut dia, dari segi pelayanan perizinan dan non-perizinan, Nirwan menilai bahwa prosedur atau mekanisme penerbitan izin/ nonizin sudah dijalankan dengan baik, namun pada pelaksanaannya terkadang rawan berpotensi menghadirkan sejumlah persoalan, diantaranya terkait kelengkapan prosedur yang dimiliki pemohon sampai dengan pemenuhan kewajiban lainnya yang tidak boleh luput dari pengawasan.

    "Pada persyaratan formil terkait penerbitan izin itu sudah berjalan baik tapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa catatan yang perlu rekan- rekan perhatikan misalnya terkait kelengkapan persyaratan, kepatuhan pemohon terhadap kewajiban- kewajiban seperti pembayaran pajak, dan hal-hal lain yang mungkin harus jadi pertimbangan sebelum memproses permohonan izin," tuturnya.

    Nirwana berpandangan bahwa salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya pungli adalah dengan mengintegerasikan pelayanan dari tatap muka secara langsung menjadi sistem daring (online) dengan menggunakan pemanfataan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dirinya pun menyebutkan pelayanan online yang dilakukan oleh DPMPTSP telah berjalan cukup efektif.

    "Terkait inovasi berbentuk aplikasi pelayanan sudah banyak sekali di Jakarta, salah satunya aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) yang dimiliki DPMPTSP. Walaupun dalam pelaksanaannya tentu tak luput dari kekurangan-kekurangan tapi di satu sisi kami sangat menghargai dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh rekan- rekan di perangkat daerah (SKPD) sebagai upaya mewujudkan Jakarta bebas dari pungli," cetusnya.

    Pahami Kiat- kiat Pencegahan Pungli

    Dalam upaya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam praktik baik pencegahan pungli mendapatkan respon positif dari Tim Saber Pungli. 

    Hal tersebut disampaikan oleh Auditor Kepolisian Madya Tingkat (TK) III, Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Metro Jaya sekaligus Ketua Pelaksana Harian Saber Pungli, Komisaris Besar Polisi Imam Saputra.

    Ia mengatakan bahwa pihaknya melihat jajaran pimpinan dan pegawai DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah melakukan perbaikan dalam sistem pelayanan perizinan dan berani melawan tekanan- tekanan dari pihak yang menghambat jalannya birokrasi.

    "Saya senang, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Pak Benni Aguscandra telah menyampaikan secara terbuka langkah- langkahnya dalam mencegah pungli yang diterapkan oleh seluruh jajarannya dari level pimpinan hingga staf," kata Kombes Polisi (Pol.) Imam Saputra.

    Imam menambahkan dengan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Potensi Rawan Pungli pada Pelayanan Publik ini dapat membuka ruang diskusi, berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait praktik baik pencegahan pungli di lingkungan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

    Hal senada juga disampaikan oleh Pemeriksa Pidum, Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Sukma Djaya Negara yang mengungkapkan bahwa pelayanan publik di DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. 

    Kendati demikian, Sukma menyebutkan bahwa setiap pimpinan dan pegawai harus tetap memahami kiat- kiat menghindari pungli antara lain: Penataan Regulasi Pelayanan Publik, Keterbukaan Prosedur dan Keterbukaan Informasi, jaminan terhadap berjalannya SOP sesuai Peraturan Perundangan, Pembentukan Zona Integritas serta Pemberian Sanksi atau Efek Jera terhadap pelaku tindakan pungli yang diatur dalam kebijakan pimpinan perangkat daerah atau instansi bersangkutan.

    "DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melayani dan memiliki kewenangan berbagai pelayanan perizinan dan non-perizinan. Hal ini memang akan menjadi rawan potensi pungli. Oleh karena itu, pengurangan pelayanan tatap muka secara langsung melalui pelayanan daring dan inovasi layanan AJIB, menjadi solusi praktik baik pencegahan pungli," sebut Sukma.

    Sejatinya, menurut Sukma, pelayanan publik yang prima merupakan Kebutuhan Dasar dan Hak Sipil setiap Warga Negara. Oleh karena itu, setiap penyelenggara pelayanan publik harus berorientasi kepada peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan layanan kepada masyarakat selaku pengguna layanan publik.

    Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta

    Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta merupakan Perangkat Daerah yang memiliki kedudukan sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan penyelenggaraan pelayanan Perizinan dan Non-perizinan di DKI Jakarta, memiliki 316 service point atau Unit Pelaksana yang tersebar pada Kantor Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten Administrasi dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

    Dalam perjalanannya, DPMPTSP memiliki Inovasi layanan guna memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada Warga Ibukota.

    Diantaranya, Pelayanan Perizinan Terpadu dan Terintegrasi Melalui Mal Pelayanan Publik Jakarta, Starting a Business Corner atau Gerai Memulai Usaha, Jakarta Investment Centre, Jakarta Virtual Consultant for Business (JVC for B), Permohonan Perizinan dan Non-perizinan dengan Pelayanan Online Jakarta Evolution (JakEvo), Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB. 

    Tanya PTSP 1500164, Antrian Online dan Lacak Berkas, Tanda Tangan Elektronik, Sistem Informasi Pengaduan Perizinan Terpadu (SiPinter), One Day Service dan Fast Track, Jasa Arsitek Gratis untuk bangunan rumah tinggal dengan luasan dibawah 200 m2, IMB 3.0, PTSP Goes To Mall, Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu, Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota, dll.

    Berbagai pencapaian dan penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun dari Lembaga Swasta yang kredibel di Indonesia.

    Penghargaan itu diantaranya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, sebagai Kepala Daerah Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari KemenPANRB. 

    Mal Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi DKI Jakarta - Unit Kerja Pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenPANRB. 

    Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Ir. Benni Aguscandra, M.Si. – Pelopor Perubahan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari KemenPANRB. 

    Selanjutnya, Rekor Muri Instansi penerbit Perizinan dan Non-perizinan terbanyak dalam 1 tahun, Predikat Kepatuhan Tinggi (Zona Hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia, Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik dengan Kualifikasi "Sangat Inovatif" dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Realisasi Investasi PMDN tertinggi di Indonesia kategori lokasi proyek berdasarkan data BKPM, Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenko PMK RI, dan Investment Award dari BKPM. 

    Selain itu, Platinum Awards (Juara Umum) Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020 dan 2021 - Kategori Pemerintah Provinsi, Terpopuler di Media PRIA 2020 dan 2021 - Kategori Pemerintah Provinsi, Best Presenter PRIA 2020 dan 2021 - Kategori Pemerintah Provinsi.

    Dan total 16 Penghargaan berhasil diraih DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam Kompetisi Kinerja Kehumasan/ Komunikasi, Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020 dan 2021.

    Lalu, Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan nilai tertinggi (A) dari KemenPAN-RB, TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dari KemenPAN-RB, Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dari KemenPAN-RB, Public Service of the Year Jabodetabek dari Markplus Inc.

    Indonesia Attractiveness Award dari Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group – Tempat Investasi Terbaik Kategori Gold, Padma Award dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Juaram Umum Karnaval Jakarta Fair Kemayoran dari PT JIEXPO dan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi DKI Jakarta Peringkat 3 Kategori Dinas.

    Kemudian terakhir, Sistem Manajamen Mutu SNI ISO9001:2015 terdaftar Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Internasional Accreditation Forum (IAF) pada Ruang Lingkup Layanan dan Penyuluhan pada Bidang Penyuluhan dan Pengaduan, Ruang Lingkup Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan pada Bidang Pelayanan I, 

    Lalu, Ruang Lingkup Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan pada Bidang Pelayanan II, Ruang Lingkup Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan pada UP PMPTSP Kecamatan Kalideres, dan Ruang Lingkup Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan pada UP PMPTSP Kecamatan Mampang Prapatan.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini