-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Pemilihan Ketua Osis di SMAN 3 Putra Bangsa Berlangsung Khidmat dan Sederhana

Rabu, 01 September 2021, September 01, 2021 WIB Last Updated 2021-09-01T08:56:10Z
iklan disini :



Aceh Utara, indometro.id- 

Pembelajaran tentang makna dan hakekat berdemokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air dapat diaplikasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Di tingkat gampong penarapan ini dapat terlihat pada saat pemilihan kepala desa, di tingkat kabupaten, propinsi terealisai melalui pilkada dan ditingkat pusat terwujud memlului pilpres, sedangkan untuk tingkat sekolah praktek berdemokrasi dapat diwujudkan melalui sebuah organisasi intra sekolah yaitu pemilihan ketua OSIS. Inilah wujud dari demokrasi pancasila yang berlandaskan UUD 1945.  

Untuk bagian terakhir, praktek penerapan demokrasi dalam kehidupan di tingkat paling bawah telah dilaksanakan di SMAN 3 Putra Bangsa melalui pemilihan Ketua OSIS untuk periode 2021-2022 pada hari Rabu, tanggal 1 September 2021.


Pemilihankali ini sedikit terasa kurang semarak mengingat kondisi pelaksanaan ditengah pandemic covid-19, namun tidak mengurangi semangat para siswa untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi di tingkat sekolah itu. Para peserta dihimbau untuk senantiasa menerapkan protokol Kesehatan selam berlangsungnya proses pemilihan ketua OSIS.


Sebelum kegiatan dimulai, kepala SMAN 3 Putra Bangsa, Zulkifli, M.Pd melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan H. Haitami, S.Pd berpesan untuk menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kepatutan. “ Dalam setiap kesempatan, senantiasa menjunjung tinggi nilai kejujuran, sehingga hasilnya nanti akan memuaskan semua pihak, baik pihak yang menang maupun yang kalah.


Kedepankan nilai kepatutan dalam memilih pasangan kandidat yang sesuai dengan hati nurani dengan mengedepankan nilai kepantasan, kelayakan dan kesesuaian pilihan. Artinya kandidat yang kalian pilih adalah benar-benar yang pantas dan patut yang dinilai dari berbagai aspek, baik aspek sosial, aspek manajerial, aspek kultural maupun aspek kecapakan dalam bidang akademik dan kemampuan menyelesaikan masalah’. Demikian sambutan Kepala Sekolah melalui waka kesiswaan pada saat pembukaan pemilihan ketua OSIS.


Sebelum proses pencoblosan dimulai, dihadapan guru dan siswa pada sesi pertama masing-masing kandidat menyampaikan visi, misi dan program kerja selama setahun dan diberikan kesempatan untuk kandidat lain untuk saling berdebat (debat kandidat). 


Pada sesi kedua, para panelis yang akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing kandidat untuk mengukur sebatas mana kemampuan mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan dari para panelis. Inti dari rangkaian proses ini adalah untuk menguji kemampuan para kandidat yang nanti akan mengelola dan mejalankan sebuah organisasi, selain dapat menarik simpatisan dari para pemilih.


Dari tiga pasangan kandidat yang berpartisipasi dapa pemilihan ketua OSIS tahun ini, yang memperoleh suara terbanyak adalah pasangan kandidat urutan ketiga yaitu Kausar Mahlaw (Ketua Umum), Muhammad Zufar Sidiq (Ketua I) dan Muhammad Darwis Maulana (Ketua II). Selesai perhitungan suara kandidat terpilih menyampaikan ucapan terika kasih kepada semua pihak yang memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya. “Kami ucapkan Puji Syukur kepada Allah SWT, shalawat dan salam kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SWA dan terima kasih juga kepada seluruh keluarga besar SMAN 3 Putra Bangsa yang telah memberikan hak pilihnya kepada kami. Kami akan senantiasa menjalankan organisasi ini dengan sebaik-baiknya dan selalu mengharapkan bimbingan dari kakak-kakak pengurus OSIS periode lalu juga bimbingan dan arahan dari guru-guru kami, semoga kami sanggup mengemban amanah yang telah dipundakkan kepada kami” demikian sambutan ketua umum terpilih Kausar Mahlaw yang didampingi Muhammad Zufar Sidiq dan Muhammad Darwis Maulana .


Lebih lanjut, ketua umum menuturkan “Program utama kami untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler secara terbatas dengan tetap berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, selain mendukung pelaksanaan peningkatan kualitas akademik disekolah”, tutupnya. 

  

Harapan dari penyelenggara sekolah, semoga Pengurus OSIS terpilih untuk periode 2021-2022 dapat melaksanakan dan mendukung program-program sekolah dalam jangka pendek, menengah dan program Jangka Panjang serta mampu menjembatani keinginan dari semua siswa sehingga menjadikan sekolah ini sebagai sekolah kebanggaan semua pihak. 


Penulis : HTM 

Editor    : Biro Acut

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+