Ticker

6/recent/Ticker-posts

Koptar Akmil Harus Mampu Taklukkan Segala Rintangan

Koptar Akmil latihan Mountain sering, Selasa (4/5/2021).
(Foto | Penhumas Akmil/Narwan Eska)

Magelang, indometro.id - Taruna Tingkat I/Koptar (Kopral Taruna) sejumlah 263 Taruna melaksanakan kegiatan Opsdiktar (Oprasional Pendidikan Taruna) Departemen Jasmani dengan materi Mountaineering. Kegiatan dilangsungkan di Laboratorium Departemen Jasmani Akademi Militer (Akmil) Magelang, Selasa, (4/5/2021).

Danlat (Komandan Latihan) Kadepjas Akmil Kolonel Inf Sunarto dalam arahannya menjelaskan, Koptar harus mampu menaklukkan segala rintangan. Baik rintangan alam maupun rintangan buatan.

Pelajaran Mountaineering meliputi materi Rayapan Tali 1, Jembatan Tali 2, Naik Togle, Turun Hesty, Peluncuran, Snapling, Jaring Pendarat. Dalam kegiatan mounteneering diawali dengan menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam latihan tersebut. Pelaksanaan latihan dijelaskan secara rinci dan jelas dengan tujuan agar para Taruna dapat memahami dan mengerti serta dapat melaksanakan dengan baik dan benar. 

(Foto | Penhumas Akmil/Narwan Eska)

Selanjutnya perhatian dan penekanan Kadepjas agar seluruh Taruna melaksanakan latihan Mountenering dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan faktor keamanan. Baik personel maupun material serta mengikuti seluruh instruksi dari pelatih agar latihan dapat berjalan lancar dan aman.

Danlat menuturkan latihan dalam bidang jasmani militer ini, banyak menggunakan kemampuan fisik dan dalam setiap kegiatannya mengandung risiko. Latihan Mountaineering juga merupakan latihan kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan alam maupun buatan.

“Seperti naik turun tebing, bangunan, dan lembah dengan menggunakan alat peralatan, agar dalam pelaksanaan tugas pokok dapat berhasil,” tuturnya. 

(Penhumas Akmil/Narwan Eska)

Artikel Terkait