-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Bupati Dan Wabup Safari Jum'at, Program Memaraq Di Masjid Al Faruq Bayan Timur

    Sabtu, 27 Maret 2021, Maret 27, 2021 WIB Last Updated 2021-03-27T06:41:22Z

    Ads:

    Bupati Dan Wabup Safari Jum'at, Program Memaraq Di Masjid Al Faruq Bayan Timur


    NTB, indometro.id - Tanjung, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu SH menyelenggarakan kunjungan Safari Jum'at dalam Program Memaraq dihadapan jama'ah Masjid Al Faruq  Dusun Bayan Timur (26/03). 

    Hadir mendampingi Wakil Bupati Danny Karter Febrianto ST M.Eng, Ketua DDII NTB TGH Muharrar Mahfudz, Plt Asisten III Drs Abdul Hamid, Inspektur Inspektorat H Zulfadli SE, Kadis Kesehatan dr H Lalu Bahrudin, Kadis Sosial Drs Faisol MSi, Manager Operasional Pembangunan Masjid Yayasan Amirul Ummah Abdurrahman, Kapolsek Bayan Kompol Sugi Jaya, Plt Camat Bayan Muslihin S.Sos, Para Tokoh Agama, beserta jama'ah Masjid. Kegiatan diawali dengan sholat Jum'at bersama.

    Bupati Djohan menjelaskan kegiatan Safari Jum'at bersama sekaligus bersilaturahmi, sejak sebulan menjabat sebagai Bupati Lombok Utara menjalankan rangkaian Program Memaraq ke tempat ibadah. Masjid Al Faruq merupakan masjid keempat yang dikunjungi untuk bertemu dengan lapisan masyarakat Lombok Utara, khususnya masyarakat Bayan.

    Dikatakannya, tahun 2021 Lombok Utara cukup berat pascagempa dan kini pandemi Covid 19, tampak dari anggaran APBD menurun. Dari 1,2 triliun turun menjadi kisaran 900 miliar, pendapatan asli daerah juga mengalami penurunan.

    "Kondisi ini saya jelaskan agar epe pada renten selapuq (kita semua) maklum. Kalau ada keterlambatan tetapi pemda terus melakukan tindaklanjut mencari solusi terbaik. Harap epe pada (kita) maklum," tandasnya.

    Kendati demikian, Pemda KLU berusaha bukan hanya mengandalkan anggaran daerah, namun juga mengusahakan mendapatkan donatur pembiayaan dari luar, guna kelancaran pembangunan di Lombok Utara.

    "Pembangunan Kantor Bupati dan DPRD direncanakan dapat terlaksana tahun ini, sebagai kenang-kenangan pemerintahan periode ini," ujarnya.

    Selanjutnya pembangunan jalan pada kawasan lingkar utara yang dicanangkan menjadi pusat perekonomian masyarakat Lombok Utara, diusahakan untuk dibangun dengan estimasi biaya 750 miliar.

    "Jika kita berkomitmen membangun daerah ini, insya Allah akan mampu melaksanakannya. Kita mesti kompak bersatu renten-renten membangun daerah kita," tuturnya.

    Setelah gempa kondisi hingga saat ini, banyak masjid yang belum terbangun, beberapa bantuan dari pihak swasta dan donatur termasuk dari yayasan  Amirul Ummah. Ucapan terima kasih disampaikan Bupati Djohan kepada Yayasan Amirul Ummah mewakili masyarakat Bayan dan Lombok Utara atas partisipasinya membangun Masjid Al Faruq tersebut.

    Lanjut disampaikannya, kondisi penanganan RTG hingga saat ini belum kunjung tuntas. SK 1 sampai 27 berkisar pada angka 10 ribu unit tersisa, dengan penambahan SK baru berkisar 7.164 unit. Penundaan pemberian buku tabungan menjadi penting untuk disampaikan, terkait memastikan masyarakat yang berhak menerima, karena terdeteksi 20 persen lebih salah sasaran.

    "Saya ingin memulai sesuatu dari yang lurus-lurus saja, saya siap menjadi Bupati tidak populer. Itu sebabnya polong renten selapuk tabareng bareng (kita semua bersama) bangun daerah kita. Dengan demikian, semangat kebersamaan ke depan daerah kita, akan semakin bagus, urainya.

    Dalam pada itu, Perwakilan Yayasan Amirul Ummah Abdurrahman, berusaha berkontribusi aktif membangun umat. Disamping dua bidang utama fokus yayasan adalah pembangunan masjid dan pendistribusian Al-Quran.

    "Januari kemarin, yayasan telah mendistribusikan Al-Qur'an di Lombok sebanyak 27 ribu buah. Dari Oktober sampai saat ini, distribusi telah mencapai 50 ribu buah. Menyasar daerah rawan bencana dan pedalaman," ungkapnya.

    Masjid Al Faruq merupakan masjid kedua yang akan dibangun Yayasan Amirul Ummah. Sebelumnya telah dibangun masjid di wilayah Sesait Kecamatan Kayangan. Tujuan kegiatan pembangunan dimaksud, sebagai bentuk partisipasi aktif yayasan membangun umat dan membangun kembali semangat masyarakat yang mendapat cobaan dan musibah.

    "Salah satu elemen membangun umat adalah terbangunnya masjid. Begitu juga yayasan mengambil dua fokus utama yaitu masjid dan Al-Qur'an. Dukungan do'a dan harapan atas kelancaran pembangunan masjid dari jama'ah," harapnya.

    Pada acara tersebut, Bupati Djohan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al Faruq serta menyerahkan bantuan Baznas KLU yang diperuntukkan bagi masjid dan madrasah setempat.

    (ils).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini