Ticker

6/recent/Ticker-posts

Jelang TMMD ke 110, Pangdam IX/Udayana Terima Paparan dari Para Dansatgas

Jelang TMMD ke 110, Pangdam IX/Udayana Terima Paparan dari Para Dansatgas


Denpasar  Bali, indometro.id - Dengan mengusung tema "TNI Manunggal Membangun Desa Pengabdian Untuk Negeri", Program TMMD ke 110 yang akan dibuka pada tanggal 2 Maret mendatang, kali ini akan dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana di empat lokasi tersebar.

Dua lokasi berada di Provinsi NTT yakni di wilayah Kodim 1603/Sikka tepatnya di Desa Kloang Popot, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, dan di wilayah Kodim 1618/TTU yang terletak di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Analu, Kabupaten TTU.

Sedangkan untuk Provinsi NTB, TMMD digelar di wilayah Kodim 1608/Bima yakni di Desa Nontotera, Tolouwi  dan  Waro Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, serta di Provinsi Bali akan dilaksanakan di wilayah Kodim 1617/Jembrana di Desa Batu Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Berkaitan dengan hal tersebut, selaku Pengendali Kegiatan Operasional (PKO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., pada Senin (11/01/2021) menerima paparan dari Para Dandim yang menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 110 Tahun 2021 wilayah Kodam IX/Udayana.

Setelah Para Dansatgas TMMD memaparkan rencana yang meliputi sasaran fisik maupun non fisik, Pangdam berharap agar dalam pelaksanaan di lapangan dapat berjalan dengan aman, lancar, tepat waktu dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan dilaksanakannya Program TMMD, yaitu untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan serta memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang kokoh, tangguh dan kuat.

"Sasaran yang sudah direncanakan agar benar-benar diyakinkan tidak bermasalah, baik dari segi anggaran maupun lahan yang menjadi sasaran program TMMD, seperti pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur jalan, Ruang Kelas SD dan fasilitas umum ataupun ibadah. Seluruhnya agar benar-benar dilakukan kerjasama yang menyertakan stakeholder terkait, sebab program ini menitikberatkan pada kegiatan sosial kemasyarakatan," tegas Pangdam.

Yang sangat terpenting, Pangdam juga menekankan agar dalam pelaksanaannya di lapangan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Dalam kegiatan non fisik pun disarankan agar lebih mengintensifkan pada kegiatan penyuluhan tentang Covid-19.

"Hal ini dimaksudkan guna mencegah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar disiplin melaksanakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, sehingga tidak mudah tertular Covid-19," tutup Pangdam mengakhiri arahannya.

Rapat koordinasi yang digelar di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana tersebut, dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kazidam IX/Udayana dan Waasrendam IX/Udayana serta Para Dandim yang menjabat sebagai Dansatgas TMMD ke 110 Tahun 2021 wilayah Kodam IX/Udayana 

(Nugraha)

Artikel Terkait