Ticker

6/recent/Ticker-posts

Gubernur Serukan Galang Dana Bantuan Korban Gempa Sulbar

Gubernur Aceh, Ir.H.Nova Iriansyah, M.T


Gubernur Aceh, indometro.id. Nova Iriansyah, menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar) yang terjadi pada Jumat (15/1/2021) dini hari.

Data BNPB, gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu telah menewaskan 40 orang lebih dan melukai ratusan lainnya. Gempa juga merusak setidaknya lebih dari 300 rumah dan dua hotel serta merubuhkan kantor Gubernur Sulbar, serta RSUD Mamuju. Sementara itu ribuan warga yang terdampak gempa terpaksa mengungsi.

Untuk membantu meringankan beban warga Sulbar, Gubernur Nova Iriansyah melalui Sekda Aceh, Taqwallah, telah menugaskan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ilyas Yunus (Abi Ilyas) berkoordinasi dengan Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh guna melakukan aksi penggalangan dana.

“Forum PRB Aceh didukung penuh oleh Pemerintah Aceh akan melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa Sulbar. Kita langsung bergerak,” kata Kalak BPBA, Abi Ilyas mengutip perintah Sekda dan Gubernur Aceh.

Abi Ilyas mengatakan, dia sudah meneruskan perintah Gubernur maupun Sekda Aceh kepada Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin untuk secepatnya berkoordinasi guna melakukan aksi penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa Sulbar.

“Pak Sekda dalam kapasitas beliau sebagai Kepala BPBA meminta agar seruan Pak Gubernur direspon secepatnya. Untuk dan atas nama kemanusiaan semua kita harus segera action,” kata Abi Ilyas.

Sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap penderitaan yang kini dialami korban gempa Sulbar, Nova Iriansyah atas nama pribadi langsung mencatatkan komitmen bantuan sebesar Rp 10 juta.

Komitmen juga dicatatkan oleh Sekda Aceh Taqwallah sebesar Rp 7,5 juta, Ketua Kagama Aceh Teuku Dadek Rp 5 juta, dan Kalak BPBA Abi Ilyas Rp 5 juta.

Selain itu, sejumlah nama juga sudah mencatatkan komitmen donasi mereka seperti HT Alaidinsyah 25 juta, Said Isa 25 juta, Ketua Kadin 50 juta, Al Hudry 5 juta, Bu Endang 5 juta, Rahmandi 5 juta, Bustami Hamzah 5 juta, Ikhsan 3 juta, Hanan 5 juta, Syaridin 5 juta, Kurdi 2,5 juta, Aliman 3,5 juta, Iskandar AP 3 juta, Ade Surya 5 juta, T Mirzuan 5 juta, Fajri 5 juta.

Abi Ilyas menjelaskan, untuk kepentingan penggalangan dana, pihaknya telah membuka rekening khusus di Bank Aceh atas nama Aceh Untuk Sulawesi Barat No rek. 5010197000014.3 Bank Aceh Syariah.

Bagi siapa saja yang akan berdonasi, juga bisa menghubungi melalui aplikasi WhatsApp (japri) atas nama Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin (0811688898), Kalak BPBA, Dr Ilyas Yunus (08116875685), atau Ketua Kagama Aceh, Teuku Dadek (08126933147). 

Mhd




Artikel Terkait