-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Semangat Sumpah Pemuda Harus Makin Memantapkan Soliditas Dan Persatuan Bangsa

    redaksi
    Rabu, 28 Oktober 2020, Oktober 28, 2020 WIB Last Updated 2020-10-28T05:41:13Z

    Ads:



    Denpasar Bali .indometro.id - Sumpah Pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928 atau telah berusia 92 tahun. Semangat kebersamaan dari sejumlah organisasi kepemudaan saat ini seperti Jong Java, Jong Sumatera, Jong Celebes, Jong Borneo, Jong Ambon dan yang lainnya telah menanamkan tonggak sejarah persatuan bangsa yang mereka ikrarkan dalam Sumpah Pemuda yaitu berisikan pernyataan sumpah untuk Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia. 

    Apa yang diikrarkan saat itu merupakan kesepakatan dan kemufakatan bersama bagi kaum muda  atas kesadaran berbangsa untuk meninggalkan sekat-sekat kedaerahan dan mulai menjunjung nasionalisme kebangsaan. 

    Perjuangan sebelumnya yang begitu lama yang bersifat kedaerahan yang hasilnya tidak maksimal  untuk menuju kemerdekaan telah menyadarkan para pemuda saat itu untuk mengubah perjuangan menghadapi kolonialisme dengan persatuan dan semangat nasionalisme. 

    Buah idealisme dan perjuangan ini akhirnya berbuah manis dengan mampunya Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 atau tujuh belas tahun setelah ikrar Sumpah Pemuda. 

    Demikian menjadi ungkapan awal penyampaian Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., ketika diminta pandangannya terkait refleksi 92 tahun peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020) di Ruang Kerja Danrem. 

    Menurutnya semangat yang dikobarkan para pemuda saat itu adalah wujud keikhlasan perjuangan tanpa pamrih, rela berkorban, cinta tanah air, mengutamakan persatuan dan kesatuan yang menjadi suri teladan bagi generasi bangsa seterusnya, termasuk bagi kita yang saat ini telah diwariskan kemerdekaan dan tugas tanggung jawab untuk mengisi dengan pembangunan. 

    Kendala yang dihadapi memang tidak ringan, termasuk apa yang dihadapi pada perjuangan para pemuda di masa lalu. Kemudian dalam perjalanan bangsa ini menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan atau AGHT yang tidak ringan baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. 

    Namun kita patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dan juga mengapresiasi terhadap komitmen bersama di tengah banyaknya perbedaan dan kemajemukan Bangsa Indonesia sampai saat ini tetap eksis. Ini juga tidak terlepas dari komitmen kita meyakini akan Pancasila sebagai asas tunggal kehidupan berbangsa dan bernegara, lalu kita memiliki konstitusi UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai sumber hukum tertinggi di Indonesia, kita dibingkai dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berbhinneka Tunggal Ika. Empat konsensus kebangsaan inilah menjadi modal penting bagi keberadaan bangsa kita saat ini. 

    Korelasi semangat Sumpah Pemuda dihadapkan pada kondisi bangsa saat ini di tengah Pandemi Global COVID-19, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., melihatnya sebagai suatu motivasi dan energi bagi kita semua untuk dapat menghadapi kondisi saat ini dengan kebersamaan tanpa harus saling menyalahkan. 

    Kondisi yang terjadi saat ini harus menjadi pemahaman bagi setiap orang, karena terjadinya wabah seperti COVID-19 bukanlah kehendak kita. Hal ini terjadi secara alami dan kemudian meluas termasuk di negara kita. 

    Pemerintah dan seluruh komponen bangsa sudah berjuang untuk mengatasi dan perjuangan kita belum berakhir sebelum pandemi ini dinyatakan aman dan kita benar-benar terbebas. 

    Hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah  mengikuti apa yang sudah dianjurkan dan dihimbau oleh pemerintah yaitu dengan mendisiplinkan diri kita dan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19. 

    Sudah banyak diantara kita yang tahu, mengerti dan paham tentang protokol kesehatan terutama terkait 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer dan juga menjaga jarak (physical and social distancing. Pertanyaan sejauh mana kita patuh dan taat atau sebaliknya kita memang abai. 

    Jika ini konsekuen diterapkan oleh siapapun pada kondisi seperti saat ini maka kita percaya kita mampu mengatasi kesulitan yang ada. Perubahan keadaan juga akan berimbas pada perubahan yang lainnya . 

    Danrem berpandangan dengan merefleksikan diri kita pada semangat Sumpah Pemuda maka sesungguhnya kita akan mampu mengatasi kesulitan yang ada, kuncinya ada dalam kebersamaan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Bersatu dan bangkit selaras dengan tema Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020 ini.

    (Nugraha)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini