Ticker

6/recent/Ticker-posts

Kapolda Ingatkan Anggota Kasus George Floyd Jangan Sampai Terjadi di Papua

Foto: Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menemui anggota yang bertugas di perbatasan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura


Jayapura, indometro.id - Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengingatkan anggotanya menghindari terjadinya rasisme saat bertugas. Dia mewanti-wanti kasus rasisme yang dialami George Floyd di Amerika Serikat (AS) jangan sampai terjadi di Papua.
"Kejadian rasis di Amerika Serikat yang dilakukan oleh oknum anggota Polisi saya harap jangan sampai terjadi di sini," kata Paulus Waterpauw saat mengunjungi dan meninjau anggota yang bertugas di pos penyekatan pembatasan sosial yang diperluas dan diperketat di perbatasan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Selasa (2/6/2020) malam.
Selain mengecek kondisi anggota, Paulus juga memberikan arahan petunjuk teknis agar anggota tetap waspada dalam bertugas. Dia mewanti-wanti jangan sampai ada tindakan-tindakan rasisme di Papua.
Paulus Waterpauw menekankan kepada anggotanya sesuai arahan Kapolri, upaya pembatasan sosial tetap melakukan langkah-langkah humanis, melakukan sosialisasi mengajak masyarakat mencegah penyebaran COVID-19.
"Tugas kita hanya membantu masyarakat agar disiplin yang bisa merubah mindset mereka bersama-sama menekan penyebaran virus Corona ini tidak meluas," katanya.
Dia juga minta anggotanya tetap waspada dalam bertugas serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Harapannya agar tidak terjadi seperti kasus penabrakan seorang anggota Polisi saat bertugas di Jalan Samratulangi lampu merah Dok 2 kota Jayapura.
"Bila terdapat masyarakat yang melakukan tindakan atau upaya kesengajaan, kita tetap menghadapi dengan sabar dan waspada dimana kejadian rasis pada Agustus 2019 banyak sekali kerugian materiil dan moril," tambahnya.
Paulus Waterpauw meminta agar dilakukan evaluasi tempat penyekatan demi keselamatan saat bertugas. "Pasca insiden itu perlu dilakukan evaluasi akan tempat dan jarak aman guna menjaga keselamatan personel di Posko PSDD," ujarnya.
Sebelumnya, anggota polisi Bripda Tri Indra Pamungkas (19) ditabrak pengendara mobil yang mengonsumsi minuman keras di Lampu merah Dok 2 kota Jayapura, Senin (1/6/2020) malam. Hingga kini korban belum sadarkan diri masih dirawat di ruang ICU RS Bhayangkara, Polda Papua.

berita ini kutipan dari : detiknews