Ticker

6/recent/Ticker-posts

Anggota Yonif 310 Siap Amankan New Normal

foto : Danyon 310 KK

Sukabumi, indometro.id - Danyon 310 KK, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, saat ini Yonif 310/KK tengah melakukan koordinasi dan menunggu Kodim 0607 Kota Sukabumi dan Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi untuk pengamanan new normal. “Masalah pengamanan, nanti kita akan menyesuaikan dengan Kodim dan kita sekarang sedang menunggu,” jelas Andik , Minggu (31/5).

Apabila nanti pemerintah daerah Kota maupun Kabupaten Sukabumi, membutuhkan pasukan pengamanan, maka pasukan Yonif 310 Kidang Kencana yang merupakan prajurit Brigif 15 Kujang II Kodam III Siliwangi, akan siap membantunya. “Kita akan siapkan sedikitnya 200 lebih anggota Yonif 310 untuk pengamanan new normal nanti,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, ratusan anggota ini nantinya akan ditugaskan selama 1×24 jam di tempat umum yang menjadi lokasi kerumunan massa. Seperti, pasar, mall, wisata, terminal, toko swalayan dan lainnya.

Tempat keramaian tersebut, dikhawatirkan dapat menjadi sumber penularan Covid 19, jika protokol kesehatan tidak dilakukan oleh warga. Sebab itu, ratusan anggota akan turun gunung untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan menegakkan disiplin.

“Petugas nanti, akan memberikan edukasi kepada warga agar mereka dapat disiplin dan mengikuti anjuran pemerintah. Seperti meningkatkan prilaku hidup sehat, jaga jarak, jauhi kerumunan, bermasker, jaga ketahanan tubuh, olah raga teratur dan menkonsumsi makanan bergizi,” timpalnya.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas pengamanan new normal, Batalyon 310 Kidang Kencana, mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk penanganan virus corona. Bantuan APD ini, sangat dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan tugas prajuritnya dalam pengamanan aturan tatanan normal baru atau new normal, di tengah pandemi virus corona.

“Kami dari keluarga besar Yonif 310 Kidang Kencana Brigif 15 Kujang II Kodam III Siliwangi, mengucapkan banyak terimakasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah memberikan bantuan APD kepada Yonif 310/KK,” jelasnya.

Sementara itu, Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Sukabumi, Gunawan mengatakan, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sengaja memberikan bantuan kepada Batalyon 310 Kidang Kecana. Lantaran, prajurit TNI akan dilibatkan untuk pengamanan new normal sesuai dengan Panglima TNI saat komunikasi dengan Presiden RI. “Untuk menunjang pelaksanaan tugasnya, maka kita langsung memberikan bantuan APD kepada Yonif 310 berupa masker, sarung tangan, cairan dinsifektan, hand sanirizer, minuman dan lainnya,” katanya.

Pihaknya menambahkan, bantuan APD ini bukan hanya diberikan kepada Yonif 310 saja. Tetapi, juga akan diberikan kepada pihak kepolisian. “Semoga massa pandemi Covid 19 ini, dapat segera berlalu dan kondisi dapat kembali normal seperti biasanya,” pungkasnya. (Anwar Kadapi)