Ticker

6/recent/Ticker-posts

Tiba di Indonesia, Hasil Tes Cepat 375 WNI ABK Carnival Splendor Negatif Corona

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Foto: Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. 


Jakarta, indometro.id - Sebanyak 375 warga negara Indonesia (WNI) yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) di Kapal Carnival Cruise Splendor telah tiba di Indonesia. Para ABK dinyatakan negatif Corona (COVID-19) berdasarkan hasil rapid test atau tes cepat.
Pangobwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono menyebutkan dari 375 WNI ABK tersebut, 348 di antaranya pria, dan 27 sisanya merupakan perempuan. Para WNI tersebut tiba pagi hari tadi pukul 08.00 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok.
"Iya ini baru selesai di Jakarta International Container Terminal (JICT). Total ABK 375 (348 pria, 27 wanita). Semua negatif (Corona)," kata Yudo ketika dihubungi detikcom, Kamis (30/4/2020).Mengingat hasil rapid test para WNI tersebut negatif, lanjut Yudo, maka para ABK tidak dikarantina di RS Darurat Wisma Atlet. Yudo mengatakan 375 WNI ABK itu akan dikarantina di salah satu hotel di kawasan Jakarta."(375 WNI ABK) selanjutnya akan dikarantina di Hotel Mercure," ungkap Yudo.

Untuk diketahui, dalam dua hari terakhir telah terjadi pemulangan para WNI yang bekerja sebagai ABK di luar negeri. Pada Rabu (29/4), tercatat 359 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal MV Dream Explorer juga telah tiba di Indonesia.Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya juga mengungkapkan sudah ada 11.505 ABK WNI yang kembali ke Indonesia. Dia menambahkan sebanyak 18 kapal pesiar juga akan memulangkan 2.339 ABK WNI dalam beberapa waktu ke depan.
"Sementara itu 11.505 ABK telah kembali melalui repatriasi mandiri dan ke depan diperkirakan 18 kapal pesiar akan melakukan pemulangan sekitar 2.339 WNI ABK," jelas Retno.

Berita Ini Dikutip Dari : detiknews

Artikel Terkait