Ticker

6/recent/Ticker-posts

Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan Dibagi 3 Sesi, Berikut Rinciannya

Kantor Kemenag RI
JAKARTA, indometro.id - Kementrian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah, Kamis (23/4/2020) sore. Sidang akan berlangsung secara virtual, dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.
“Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama," kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin.
Menurut Kamaruddin sidang isbat dijadwalkan dimulai dari pukul 17.00 WIB dan dibagi dalam tiga sesi. Lokasi sidang di Gedung Kemenag RI, Jakarta.
Sesi pertama adalah paparan posisi hilal awal Ramadan 1441 H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Paparan ini akan disiarkan secara live streaming melalui website dan media sosial Kementrian Agama.

Tim sore ini memantau hilal di 82 titik dalam 34 provinsi di Indonesia mulai dari Papua hingga Aceh. Pemantauan ini untuk memastikan Ramadan sudah tiba.

Kemudian pada pukul 18.20 WIB atau setelah Magrib, sidang isbat akan digelar secara tertutup dan hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam.
Sidang diawali dengan pembacaan laporan oleh Direktur Urusan Agama Islam tentang hasil pemantauan atau rukyatul hilal dari seluruh Indonesia.
Lalu pada pukul 19.05 WIB, usai mendengar laporan dan masukan dari ormas, Menteri Agama Fachrul Razi akan menetapkan awal Ramadan 1441 H.
Pengumuman hasil sidang isbat, nantinya akan diumumkan secara terbuka melalui telekonferensi pers yang disiarkan secara aplikasi daring.




Berita ini sudah terbit di OKEnews