Ticker

6/recent/Ticker-posts

Bupati Bogor: Kalau Hasilnya Begini, PSBB Mesti Dievaluasi

Bupati Bogor Ade Yasin 
BOGOR, indometro.id - Bupati Bogor Ade Yasin membuka peluang memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya, karena selama ini dinilai belum berjalan efektif. Tapi, dia akan mengevaluasi dulu dengan empat kepala daerah di Jabodetabek.
"Kalau hasilnya begini-begini saja kita mesti evaluasi dengan empat kepala daerah yang lain. Kalau emang kira-kira butuh perpanjangan ya kita perpanjang, tapi kalau enggak ya berhenti," kata Ade Yasin kepada indometro.id di Pendopo Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020).
Menurutnya, sejak PSBB diberlakukan di Bogo mulai 15 April 2020 hingga kiini, masih banyak warga yang beraktivitas di luar. Jalanan masih ramai. Pelaku usaha juga masih banyak beroperasi. Hal ini berpotensi tetap meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Ya sebetulnya, kalau masyarakatnya mau tertib patuh dan para pelaku industri ini mungkin penekannnya akan lebih mudah ya. Tapi kalau melihat di lapangan pemantauan di cek poin ada penertiban tapi ada dibeberapa titik tidak ada. Seperti di pasar masih ngumpul di jalan juga masih banyak kegiatan yang seharusnya sudah berenti dengan alasan ekonomi dan lain sebagainya," ungkap Ade Yasin.

Perlu juga kesadaran masyarakat dengan kesehatan diri sendiri dan orang lain karena hal tersebut sangat penting dilakukan agar pelaksanaan PSBB efektif demi menekan penyebaran virus corona.
"Tanpa kesadaran masyarakat penerapan PSBB ini enggak akan berhasil sekeras apapun kita menerpkannya, seketat apapun gak akan berhasil. Jadi ini butuh bantuan dari masyarakatnya juga," tambahnya.
Namun, perpanjangan PSBB perlu dibahas lebih lanjut dengan pemerintah provinsi maupun pusat serta komitmen kepala daerah lain di sekitar Jakarta.
"Saya harus bicara dengan pak Gubernur dan empat wilayah lain kalau memang mau bareng ya bareng kalau enggak, ya enggak akan efektif. Jadi PSBB ini harus terintergrasi. Kita belum ada obrolan dengan kepala daerah lain, nanti ngobrol di grup," tutupnya.
PSBB Bogor masih berlangsung hingga 28 April 2020.
Sementara DKI Jakarta sudah memutuskan memperpanjang PSBB hingga 22 Mei 2020, setelah masa berlaku tahap pertama pada 24 April besok.




Berita ini sudah terbit di OKEnews