-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Ungkapan Rasa Syukur, Masyarakat Jatibarang Gelar Sedekah Bumi dan Do'a Bersama

    Kamis, 16 November 2023, November 16, 2023 WIB Last Updated 2023-11-16T12:57:49Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Indramayu,Indometro.id

    Rasa syukur merupakan satu hal yang sangat penting sebagai ungkapan terima kasih kepada sang pencipta Allah subhanaullahuwata'ala.  Hal tersebut tercermin dengan penyelenggaraan acara adat budaya Sedekah Bumi (baritan) dan Do'a bersama yang digelar oleh warga Desa Jatibarang Kecamatan Jatibarang yang berlangsung di Aula kantor Desa Jatibarang, Rabu (15/11/2023).


    Acara adat budaya berupa Sedekah Bumi dan Do'a bersama yang dirangkai dengan khitanan masal tersebut di hadiri oleh Camat Jatibarang  Rory Firmansyah yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Jatibarang Haidar Samsayail, Babinsa, Kepala UPTD, Ketua RW dan RT, alim ulama dan tokoh masyarakat Jatibarang serta undangan lainnya.


    Kuwu Jatibarang Agus Darmawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara Sedekah Bumi (baritan) akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan dari tanggal 15-17 November 2023 antara lain do'a tahlil, khitanan masal, jalan santai dan pawai kreasi adat budaya dan pagelaran wayang kulit.


    Sedekah Bumi (baritan) merupakan acara adat yang turun temurun dilaksanakan oleh  masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Jatibarang atas berkah dan rahmat-Nya, diharapkan masyarakat di hindarkan dari bala dan mara bahaya, disuburkan tanahnya dan usaha masyarakat berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat makmur dan barakah.


    Agus Darmawan menambahkan Sedekah Bumi juga merupakan tanda untuk para petani yang akan memulai masa tanam padi karena musim penghujan telah datang, Agus berharap semoga dengan adanya acara sedekah bumi ini warga masyarakat mendapatkan keberkahan serta diberikan kesehatan, kelancaran dalam usaha serta dapat mempererat silaturahim dan persatuan.


    "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta atas kekompakan dan keguyuban seluruh masyarakat dan pamong desa Jatibarang,” ungkapnya.


    Sedangkan Camat Jatibarang Rory Firmansyah dalam sambutanya yang disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Jatibarang Haidar Samsayail sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan acara sedekah bumi dan sunatan masal ini sebagai hal yang positif serta merupakan upaya pelestarian adat budaya yang sejalan dengan visi Indramayu Bermartabat (bersih, relijius, maju, adil, makmur dan hebat). 


    Acara kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah keagamaan yang di sampaikan oleh Ustadz Masyuhin pengasuh Pondok pesantren Petuah Jatibarang serta Do'a Tahlil. 

    MT jahol

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini