-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Cerita Rakyat “Putri Semayang" Dari Aceh Singkil Tarik Perhatian Penonton Saat Lomba Teater Pada PKA Ke-8

    Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-05T21:50:14Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


     

    Aceh Singkil Indometro.id - Sejumlah penonton di taman di Taman Budaya Indoor Banda Aceh, ikut merasa sedih dan terharu (terenyuh) saat menikmati cerita "Putri Semayang" Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Minggu (5/11/2023).

    Kisah yang menceritakan tentang  seorang Raja yang sedang berkuasa, dan memanfaatkan kekuatan dengan menghalal segala cara untuk mendapatkan sesuatu tersebut. Terlihat di angkat oleh peserta kontingen dari Kabupaten Aceh Singkil, yang di perankan oleh Aliasmuddin Bekis, beserta dengan kawan - kawan dalam lomba teater tradisional PKA ke-8.

    Kepada wartawan, Aliasmuddin Bekis selaku penyusun naskah dalam penampilan cerita "Putri Semayang," mengatakan. Dirinya memilih cerita itu dalam perlombaan PKA kali ini, selain di nilai perjalanan kisah seorang Raja dalam cerita itu banyak memiliki makna pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. 

     




    "Juga, kita tidak ingin kedepan masyarakat khususnya generasi muda melakukan hal - hal yang salah hanya untuk memenuhi kepentingan pribadi. Terutama bagi warga Kabupaten Aceh Singkil," kata Aliasmuddin Bekis. Seusai menampilkan kisah legenda "Putri Semayang", di hadapan para dewan juri lomab teater tradisional PKA Ke- 8 di Banda Aceh.

    Kemudian tambahnya, alasan lain mereka memilih cerita " Putri Semayang " yang di tampilkan dalam perlombaan teater tradisional di PKA Ke-8 tahun 2023 di Banda Aceh tersebut. Aliasmuddin Bekis menerangkan, ia optimis melalui kisah Raja Maleko yang di kenal sangat kejam tersebut mampu mengunggah para penonton.

    Begitupun tegasnya, cerita "Putri Semayang" ini sangat familiar di dengar kembali baru - baru ini di beberapa daerah di Aceh. Khususnya, di Kabupaten Aceh Singkil.

    Sementara itu, ketika di singgung soal perlombaan teater pada event PKA yang di laksanakan setiap lima tahun sekali di Aceh, merupakan hal yang sangat penting untuk mengembangkan bakat dan seni setiap individu seseorang.
    " Serta teater itu juga merupakan kesenian tertua dalam sejarah seni dunia yang hampir punah terkikis oleh zaman, " tambahnya,

    Oleh sebab itu, perlu untuk kembali di galak di setiap daerah. Bahkan khusus untuk daerah Kabupaten Aceh Singkil, kedepan seni teater di masukan dalam kurikulum pemberlajaran di sekolah-sekolah.

    Dengan sukseskan penampilan cerita teater "Putri Semayang" asuhan sutradara Alimuddin Bekis merupakan penampilan yang ketiga dari seluruh seluruh perlombaan yang diikuti oleh peserta dari Kabupaten Aceh Singkil pada PKA Ke-8 tahun ini. [AR - Indometro]

     





    Komentar

    Tampilkan

    Terkini