-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Patok Kayu Jati Peninggalan Bung Karno Didesa Jatibarang Tak Terurus

    Jumat, 25 Agustus 2023, Agustus 25, 2023 WIB Last Updated 2023-08-25T16:21:55Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
                  patok kayu jati dan ojol

    Indramayu,Indometro.id

    Patok kayu jati ditaman Pertelon desa Jatibarang kecamatan Jatibarang kabupaten Indramayu ternyata menyimpan cerita histeris perjuangan bangsa Indonesia. Patok kayu jati bukti sejarah sebagai penanda tempat pidato bapak proklamator Indonesia sekaligus Presiden RI pertama, Ir Soekarno saat mau ke Cirebon singgah ke Jatibarang.


    Sayangnya tidak semua masyarakat Indramayu tahu khususnya warga Jatibarang bahwa di tengah pusat kota tepatnya di Taman Pertelon atau pertiga’an Jatibarang dekat Stasiun Jatibarang terdapat patok kayu jati yang memiliki nilai historis atau sejarah perjuangan bangsa Indonesia.


    Sebelumnya Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi, SS sebelumnya pernah mengatakan sa'at dimintai komentarnya Melalui via WhatsApp ia menjelaskan “Itu sebenarnya bukan cagar budaya, hanya penanda bahwa proklamator indonesia presiden Soekarno atau bung Karno menginjakkan kakinya di jatibarang.


    Seharusnya, sebagai bangsa yang cinta sejarah sudah sepatutnya dibuatkan monumen bung Karno di lokasi tersebut. Daripada sekarang, yang kondisinya memprihatinkan dan tidak terurus. Banyak pedagang di sekitar lokasi tersebut. Sudah sepatutnya pemkab Indramayu untuk menata lokasi yang dulu pernah menjadi titik bapak presiden RI pertama ada di Indramayu.


    Tim ahli cagar budaya ( TACB ) Dedi musasih "saya punya ide baik dibikinkan patung bung Karno di lokasi tersebut..dengan foto foto atau diirama perjalananan beliau ke Indramayu Cirebon. Presiden Soekarno saat itu, pernah berpidato memberikan semangat kepada pasukan Pembela Tanah Air (Peta) Indramayu yang bermarkas di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang. Saat ini, lokasinya sudah berbentuk lapangan yang dijadikan kegiatan olahraga oleh masyarakat Bulak Lor.


    Sedangkan Pertelon Taman Jatibarang setiap hari menjadi salah satu kegiatan mangkal ojek online dan kegiatan pusat kuliner. Meskipun tanpa perawatan dan perhatian dari pihak-pihak terkait, patok kayu jati yang usianya di atas 70 tahun lebih ini masih berdiri kokoh. Seakan sebagai penanda, tekad yang begitu kuat dari bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan” Jelas.. dedi


     Warga Jatibarang saat dimintai keterangan terkait patok kayu jati ia menjelaskan “Kalau Saksi sejarah saat itu sudah tidak ada lagi, dan tidak diceritakan ke anak cucu secara detailnya jadi hanya bagian inti sejarahnya saja,”


    “Banyak yang tidak tahu tentang nilai sejarah patok kayu jati Soekarno di desa jatibarang kecamatan Jatibarang kabupaten Indramayu padahal ini sangat menarik sekali. Mudah-mudahan patok kayu jati ini bisa dipelihara diperbaiki lagi jangan sampai momen bersejarah hilang termakan usia,” tuturnya.


    Sementara Kuwu desa Jatibarang Agus Darmawan Sa'at dimintai keterangan mengatakan "Semenjak tahun 2021 sudah di usulkan ke pemerintah kabupaten indramayu tapi sampai sekarang belum di respon, semoga saja segera di respon karena patok kayu jati ini sudah membuktikan sejarah Bung Karno pernah datang dan pidato di tempat itu maka untuk mengingatnya di berilah ciri patok kayu jati ya syukur-syukur jangan hanya perbaiki patoknya saja kalau bisa di beri patung bung karno.. ujarnya

    (MT jahol)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini