-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bunda PAUD Silaturahmi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara

    Senin, 17 Juli 2023, Juli 17, 2023 WIB Last Updated 2023-07-23T12:42:32Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     



    Aceh Utara, indometro.id - Bunda PAUD Aceh Utara Awirdalina melakukan silaturahmi dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin,M.Pd di SDN 2 Lhoksukon, Senin (17/7/2023).

    Turut didampingi Kadis P dan K Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos.M.Pd, Kabid PAUD Mahdalena,SE,MM,  Kabid Dikdas, Dr.M.Irhamni serta para pengawas, kepala sekolah dan guru.

    Proses penguatan transisi yang nyaman penting dilakukan untuk memberikan kenyamanan terhadap anak. Situasi lingkungan sekolah yang baru mesti mendapatkan pengenalan secara baik, sehingga anak bisa cepat menyesuaikan diri.

    Penguatan transisi PAUD/RA ke SD yang menyenangkan telah ditetapkan oleh Kemandikbutrstek melalui Dirjen PAUD Dikmen melalui Peraturan Pemerintah no.17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan peraturan baru menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.1 tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik pada taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.


    "Bagian dari isi surat edaran yang dikeluarkan itu, bahwa penerimaan peserta didik baru pada jenjang SD tidak boleh menerapkan tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung, atau dalam bentuk tes lainnya,"ujar Awirdalina.


    Transisi PAUD/TK ke SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi Peserta didik SD. Dia menyebutkan ada tiga inti dan tujuan dari program gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, yakni untuk menghilangkan calistung (baca, tulis dan hitung) dari penerimaan peserta didik baru di SD. Dan menerapkan yang membangun enam kemampuan fondasi anak.
    "Tiga target tersebut dapat dilaksanakan di semua satuan pendidikan PAUD/RA dan SD/MI. Selain itu kepada Bunda PAUD dan kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, dapat memastikan kepada kepala sekolah satuan pendidikan di setiap jenjang, untuk tidak lagi mengadakan pelaksanaan wisuda peserta didik diakhir tahun ajaran,"harapnya.

    Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin,M.Pd mengatakan, guruh guru serta pengurus sekolah harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka. Karena rasa nyaman sangat membantu anak-anak dalam berorientasi dengan lingkungan yang baru. Semua anak butuh waktu berbeda dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, untuk itu perlu perhatian bagi seluruh guru.

    "Penguatan transisi PAUD/TK ke SD menyenangkan dalam mendukung pelaksanaan program pendidikan di Kabupaten Aceh Utara,"pungkasnya.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini