-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pemkab Indramayu Cetak Pemuda Pelopor Tahun 2023, Ini Juaranya

    Selasa, 20 Juni 2023, Juni 20, 2023 WIB Last Updated 2023-06-20T14:21:51Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Indometro.id,indramayu

    Luar biasa dan membanggakan, mungkin itulah ungkapan yang pantas disematkan kepada Abdul Wahab dan Maya Amelia usai dinobatkan sebagai pemenang Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Dispora Jabar) di salah satu hotel di Kota Bandung pada tanggal 13 hingga 15 juni lalu.


    Dibawah bimbingan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Abdul Wahab berhasil meraih juara 1 Bidang Inovasi Teknologi dengan produk Pesawat Pengusir Burung, sedangkan Maya Amelia berhasil meraih juara 3 dalam Bidang Agama, Sosial dan Budaya dengan Kampung Digdayanya.

    Analis Kebijakan Muda selaku Sub Koordinator Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Dispara Kabupaten Indramayu yang juga turut mendampingi para juara dalam ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat, Media Heryanto menyampaikan, Kabupaten Indramayu merupakan Lumbung padi terbesar dan penghasil beras dengan mutu terbaik di Jawa Barat. 


    Sebagai daerah penghasil beras mutu terbaik, diperlukan sinergi dan totalitas antara stakeholder mulai dari tata kelola air, proses pemilihan bibit, pengelolaan lahan, pemupukan sampai dengan masalah panen.


    Selain itu, faktor sifatnya pendukung juga tidak boleh luput dari perhatian, seperti halnya dalam penanganan hama, baik berupa ulat, wereng, tikus, burung ataupun yang sifatnya dipengaruhi faktor cuaca.

    Dengan inovasi berupa pesawat pengusir burung pemakan padi yang di beri nama Averefelin atau yang memiliki arti pengusir burung ciptaan Abdul Wahab, membuktikan banyak pemuda Indramayu yang memiliki potensi dalam mendukung pengembangan daerah.


    “Alhamdulillah perwakilan dari Kabupaten Indramayu dapat menjadi juara,” ungkap Media Heryanto Senin (19/6/2023).


    Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kepeloporan pemuda saat ini diperlukan guna memperkuat karakter dan jati diri pemuda di era globalisasi guna menghadapi berbagai tantangan. Selain itu, kepeloporan pemuda juga menjadi suatu hal yang penting untuk dapat meningkatkan daya saing pemuda terlebih Indonesia digadang-gadang akan menghadapi peluang bonus demografi 2020-2035.


    Oleh karena itu, peran pemuda sangat diharapkan untuk dapat tampil sebagai garda terdepan untuk memberikan kontribusi yang efektif, kreatif dan Inovatif guna menghasilkan berbagai terobosan yang dapat menjadi solusi menyelesaikan aneka permasalahan yang dihadapi.

    “Pemilihan Pemuda Pelopor ini menjadi wahana untuk mendorong munculnya para pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan yang disertai semangat yang tinggi dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah,” jelasnya.


    Dengan adanya prestasi yang telah diraih tersebut, Media berharap, para pemuda Indramayu dapat terus semangat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki serta mampu berinovasi guna menghasilkan solusi untuk menyelesaikan problematika yang ada demi kemajuan Indramayu yang lebih baik di masa mendatang.


    “Semoga ini menjadi motivasi bagi para pemuda Indramayu untuk menggali potensi dirinya serta menunjukan gagasannya. Saya yakin mereka mampu,” pungkasnya. (MT jahol)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini