-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Desa Koting A Tetapkan APB Desa Tahun 2023

    Kamis, 16 Maret 2023, Maret 16, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T19:18:18Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Ketua BPD Desa Koting A, Donatus Wuditanto, membuka Musyawarah Desa

    Maumere, indometro.id- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Koting A Kecamatan Koting Kabupaten Sikka melaksanakan Musyawarah Desa Pembahasan dan Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) tahun 2023, Kamis, (16/3/2023) bertempat di Ruang Pertemuan BPD Desa Koting A Dusun Natargete. 


    Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Camat Koting, Ketua BPD beserta anggota, Penjabat Kepala Desa dan jajarannya, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, tenaga pendidikan, lembaga adat, tokoh masyarakat dan beberapa unsur lainnya. 


    "Kita telah melalui beberapa tahapan, di mana semuanya berproses  di dalam musyawarah sampai dengan hari ini kita menetapkan APB Desa", ucap Ketua BPD, Donatus Wdiyanto, dalam sambutan pembukaan musyawarah. 


    Tujuan penetapan APB Desa, kata Widiyanto, untuk menyusun  perencanaan dan menentukan pokok-pokok kebijakan pembangunan Desa tahun 2023.


    "Tujuan kita untuk menetapkan APB Desa ini untuk menyusun perencanaan yang baik dalam menentukan pokok-pokok kebijakan pembangunan Desa kita di tahun 2023", ungkapnya.


    Ditambahkan, penetapan APB Desa sangat penting, agar roda pemerintahan dan kegiatan pembangunan bisa berjalan lancar. Sehingga, tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat secara langsung. 


    "Penetapan APB Desa ini sangat penting agar roda pemerintahan, kegiatan pembangunan bisa berjalan dengan lancar sehingga tepat sasaran sesuai dengan anggaran, manfaat secara langsung untuk Desa kita nanti", tambahnya. 


    Perangkat Desa Koting A berpose bersama sebelum kegiatan musyawarah

    Penjabat Kepala Desa Koting A, Bertholdus Goleng, mengatakan penetapan APB Desa merupakan tahap akhir penyusunan anggaran Desa, dengan demikian, dapat dimulai pelaksanaan kegiatan. 


    "Sebagai tahap akhir untuk menetapkan anggaran kita. Sehingga, dapat dimulai dengan eksekusi pelaksanaan anggaran kita tahun ini", ungkapnya. 


    Ia mengajak keterlibatan semua pihak dalam pelaksanaan setiap program kerja APB Desa, termasuk memberikan pengawasan demi tercapai tujuan yang sudah direncanakan. 


    "Untuk itu, setelah ini, nanti kami harapkan kebersamaan kita, keterlibatan kita semua. Dalam pelaksanaan ini, anggaran kita yang sudah kita tetapkan ini, dalam bentuk pengawasan dan kebersamaan, keterlibatan dalam proses pelaksanaannya nanti. Saya sampaikan terima kasih, dan harapan kita semua, mengawasi bersama pelaksanaan agar tercapai apa yang menjadi tujuan semua apa yang kita sudah rencanakan ini", imbuhnya.


    Peserta musyawarah Desa

    Sekretaris Camat Koting, Thadeus Pega, menyampaikan, perencanaan tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, dalam hal pemberian bantuan sosial diubah menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kemiskinan ekstrem. Dikatakan, Presiden telah menetapkan bahwa di tahun 2023 sampai 2025 kemiskinan ekstrem harus segera berakhir. 


    "Perencanaan tahun versinya agak berbeda dengan tahun lalu. Versinya penetapan penerima BLT. Dalam hal BLT, yang sekarang mendapatkan sebutan mereka yang terima itu dengan sebutan BLT kemiskinan ekstrem. Presiden telah menetapkan bahwa tahun 2023 sampai dengan tahun 2025 kemiskinan ekstrem harus segera berakhir", ujarnya. 


    Menurutnya, terhadap kegiatan-kegiatan bantuan ketahanan pangan mestinya melibatkan masyarakat terkategori miskin ekstrem supaya benar-benar fokus pada persoalan kemiskinan ekstrem. 


    Ia sempat menyinggung permasalahan yang terjadi di tahun 2022 yakni menyangkut pengadaan barang dan jasa. Diharapkan, permasalahan tersebut tidak terulang kembali di tahun 2023. Kepada Sekretaris Desa dan Bendahara, dihimbau agar melakukan pembayaran setelah memastikan barang dan jasa yang diadakan telah tiba di Desa. 


    "Ada kegiatan-kegiatan tahun yang lalu bermasalah diharapkan di tahun ini tidak bermasalah lagi. kita sudah ketahui bersama ada pengadaan-pengadaan. Bendahara dan Sekretaris Desa sudah mulai dengan ketika membayar sesuatu soal pengadaan, harus barangnya tiba duluh", pungkasnya. 


    Pj Kepala Desa bersama jajaran

    Agenda musyawarah terdiri dari laporan penyusunan rancangan APB Desa tahun 2023 dan presentasi besaran dana yang diterima Desa Koting A tahun 2023, meliputi sumber dana yang berasal dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Bantuan Keuangan, PAD Desa dan beberapa sumber dana lainnya oleh Pemerintah Desa. 


    Dilanjutkan pembahasan APB Desa tahun 2023. Dokumen rancangan APB Desa ditampilkan dan dibahas secara terperinci. Pemerintah Desa menyampaikan perbaikan-perbaikan pada saat verifikasi dan konsultasi APB Desa di kecamatan maupun kabupaten.


    Musyawarah Desa ini diakhiri dengan penyusunan rencana kerja tindak lanjut dan penandatanganan berita acara musyawarah Desa oleh Ketua BPD dan Penjabat Kepala Desa serta sejumlah saksi dari peserta musyawarah. (M/N). 




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini