-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kesenian Budaya Meriahkan Selamatan Desa Sumber Suko Klabang.

    Kamis, 16 Maret 2023, Maret 16, 2023 WIB Last Updated 2023-03-16T13:41:31Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Bondowoso - indometro.id.

    Atraksi Singo Edan, tari "Can-Macanan" yang merupakan tari-tarian tradisional khas Bondowoso sejenis tari barongsai memeriahkan Selamatan Desa Sumber Suko, Kecamatan Klabang.

    Jenis tari kesenian tradisional berkolaborasi dengan barisan pemuda Tong-Tong itu mampu memikat ratusan warga, di sepanjang jalan warga setempat maupun dari luar ikut menyaksikan atraksi tersebut.


    Aksi Singo edan dan barisan Tong-Tong pemuda setempat dimulai jam 14.00 Wib, Start balai Desa Sumber Suko, menuju Sumber dan finis kembali lagi ke balai desa, Kamis (16/3/23). 

    "Tari 'can-macanan' singo edan dan barisan Tong-Tong ini, Asli dari Desa Sumber Suko, Kesenian ini merupakan jenis kesenian tradisional yang banyak digemari masyarakat pedesaan, seiiring perkembangan jaman, saat ini masyarakat perkotaan juga mulai banyak yang menyukai" ucap Kepala Desa Sumber Suko.


    Hartono juga menjelaskan bahwa rangkaian Kegiatan selamatan Desa Sumber Suko di buka dengan acara Tasyakuran, Doa bersama dan ziarah ke makam "Juk Begie" di Desa Setempat. 


    Menurut sejarah dari sesepuh bahwa, orang pertama kali yang merawat dan mendirikan sumber suko adalah "Juk Begie". (Oreng pertama se aromat bik abebet Bersoka aria Juk Begie, Bahasa Madura Red).


    "Kami atas nama Pemerintah Desa Sumber Suko, mengucapkan banyak terima kasih kepada muspika kecamatan klabang dan masyarakat yang ikut serta meriahkan kegiatan selamatan desa sumber suko" pungkas Kades Hartono. 


    (Swrs/AR).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini