-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Melalui LPDB KUMKM, Presiden Jokowi Serahkan KUR Klaster dan Salurkan Dana

    Redaksi
    Senin, 19 Desember 2022, Desember 19, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T10:57:39Z

    Ads:


    Jakarta, Indometro.id -

    Melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) klaster dan menyalurkan dana.
    Lewat acara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022) tersebut, Presiden menyerahkan KUR klaster dan menyalurkan dana melalui LPDB KUMKM kepada sejumlah perwakilan penerima.

    Adapun para perwakilan penerima KUR klaster yang hadir adalah sebagai berikut:
    1. Chandra Sasminto (Penyalur dari BRI);
    2. Dedi Sopian (Penyalur dari BNI);
    3. Winarti (Penyalur dari Bank Mandiri);
    4. Atang Kusnadi (Penyalur dari BSI);
    5. H. Ibrahim (Penyalur dari BPD DKI); dan
    6. Zaenal Arifin (Penyalur dari BPD Jateng).

    Selanjutnya perwakilan penyaluran dana bergulir kepada koperasi melalui LPDB KUMKM adalah sebagai berikut:
    1. Koperasi Al-itifaq (Jawa Barat);
    2. Koperasi Radha Krisna (Bali);
    3. Koperasi Artha Mitra Abadi Jaya (Jawa Tengah); dan
    4. Koperasi Balo’ta (Sulawesi Selatan).

    Mengawali sambutannya, Presiden Jokowi mengaku senang dengan adanya model KUR klaster bagi para pelaku UMKM. Dengan model ini, menurut Presiden, para pelaku usaha mendapatkan keuntungan karena penjamin pembelian atau offtaker jelas.

    “Saya senang tadi ada pondok pesantren sampai dapat sekian miliar untuk urusan hortikultura. Sayurnya dibeli, kemudian dijualnya lewat usaha-usaha yang memiliki jaringan yang banyak sehingga jelas, offtaker-nya jelas, penjamin pembeliannya menjadi jelas,” papar Presiden.

    Tak hanya itu, bagi para lembaga peminjam seperti bank dan lembaga nonbank lainnya mendapat jaminan bahwa KUR yang dipinjamkan dapat kembali karena proses produksi hingga penjualan produk para pelaku usaha juga jelas.

    “Ini juga sama perajin berproduksi, ada offtaker, ada penjamin pembelinya, kemudian ada showroom untuk menjual barang-barang itu. Artinya, dari produksi sampai masuk ke konsumen itu menjadi jelas, sehingga yang meminjamkan uang, bank maupun lembaga nonbank itu juga yakin bahwa uang yang kita pinjamkan ini bisa kembali,” sambungnya.

    Secara khusus, Kepala Negara berharap dengan model KUR klaster tersebut produk hasil UMKM dapat terserap sebanyak-banyaknya dan mendapatkan kepastian di pasaran.

    “Kita harapkan betul-betul dapat menyerap barang yang sebanyak-banyaknya dari kelompok-kelompok yang ada, dan mendapatkan kepastian pasar, menurunkan risiko kredit pembiayaan usaha dan dari lembaga-lembaga penyalur KUR utamanya bank,” tuntasnya. (**)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini