-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Desa Teluk Pambang Termasuk Desa Berlian Tahun 2022

    Anang
    Rabu, 19 Oktober 2022, Oktober 19, 2022 WIB Last Updated 2022-10-19T02:08:03Z

    Ads:

    Bengkalis, Indometro.id  - Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis masuk dalam 10 besar Desa Brilian tahun 2022. Penobatan tersebut, dilakukan penyerahan sertifikat Desa Brilian dan Reward dari Bank BRI kepada Desa Teluk Pambang dan BUMDes dalam acara puncak dari seluruh kegiatan seleksi Desa BRILian Tahun 2022, di Balai Desa Teluk Pambang, Jumat 14 Oktober 2022.

    Dalam acara tersebut juga ditandatangani oleh Kepala Desa, BPD dan BUMDes berita acara penyerahan sertifikat dan reward.
    Program ini telah dimulai sejak tahun 2020. Dan sudah masuk tahun ketiga, Bank BRI masih tetap komit untuk melaksanakan program ini.

    Bank BRI bekerjasama dengan Universitas Diponogoro dan di dukung penuh oleh Kementrian Desa melaksanakan program Pendampingan Desa dan Bumdes. Untuk tahun 2022 penilaian Desa Brilian dibagi menjadi 4 Batch.

    Untuk Batch 2 dimulai dari bulan Juli 2022, disinilah Desa Teluk Pambang bersama Bumdesa Gading Emas mulai ikut berperan aktif dari setiap tahapan yang di jalankan.

    Tahapan yang dimaksud adalah, tahap I adalah Empowerment (Pemberdayaan) dengan materi mengenai kepemimpinan Kolaboratif, Manajerial Desa, Penguatan Kewirausahaan Desa, teknik Komunikasi dan Negoisasi dan Aspek tanggung jawab sosial. Dari tahapan ini akan diadakan penilaian meliputi Kehadiran, nilai Pretest dan Postest, Keaktifan dan Penugasan.

    Tahap Kedua adalah Tahap Graduation yaitu pengumuman Desa yang telah memenuhi persyaratan lulus, Sebanyak 40 besar untuk mendapatkan Reward dari Bank BRI, kemudian dipilih kembali sebanyak 10 Desa Terbaik yang akan masuk ketahap ketiga.

    Tahap III adalah tahap pendampingan, yaitu akan diberikan Asistensi oleh para akademisi dan praktisi.
    Uraian diatas didapatkan kontributor media ini berdasarkan brosur yang diterima.

    Dalam sambutannya, Direksi Bank BRI Pusat yang disampaikan oleh Pimpinan Cabang Bank BRI Bengkalis Kurniadi menyampaikan bahwa “Program Desa Brilian ini focus terhadap pengembangan empat aspek penting yang terdapat didesa yaitu BUMDes sebagai motor ekonomi desa, Digitalisasi, sustainability dan innovation dengan objek pemberdayaan meliputi perangkat desa, pengurus Bumdes, Badan Pemberdayaan Desa, pelaku usaha desa dan pegiat produk unggulan di kawasan desa/Prukades,”.

    Pada kesempatan itu, sambutan M. Ali B selaku Kepala Desa Teluk Pambang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank BRI atas penghargaan ini. Beliau juga tidak terpikir akan masuk kedalam 10 desa Brilian dan ini menjadi kebanggaan bagi kami.

    "Karena ini semua tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan dan ini akan manjadi tantangan cukup berat, baik anggota BPD,Tokoh masyarakat dan juga BUMDes,"ucapnya 

    Direktur BUMDesa Gading Emas, Muhammad Nazir juga menjelaskan, kronologis terpilihnya Desa Teluk Pambang menjadi Desa Pilihan Bank BRI untuk dinobatkan menjadi Desa Brilian karena adanya kerjasama antara pemerintah desa dan BUMDes, artinya BUMDes secara aktif mengikuti kegiatan ini dan Pemerintah Desa mendukung sepenuhnya, serta adanya dukungan dari lima unsur yang mengikutui serangkaian tahapan kegiatan selama proses Desa Brilian ini berlanssung antara lain, unsur tersebut adalah Kepala Desa , BPD, BUMDesa, Karang Taruna dan PKK Desa.

    Katanya lagi, ada keinginan pada waktu itu ditahun 2020 dan 2021 untuk ikut berpartisipasi dalam program Brilian, namun karena belum ada Produk unggulan Desa yang akan ditampilkan, maka Direktur Bumdes yang sudah mengabdi di BUMDesa sejak tahun 2015 ini terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk ikut berkompetisi pada saat itu.

    Beliau berharap, apa yang diterima saat ini semoga membawa keberkahan tersendiri bagi kampung Teluk Pambang.

    “Alhamdulillah bapak/ibu, dari 350 Desa di Batch 2, Ternyata Desa Teluk Pambang mampu berada di dalam 10 besar Desa terpilih” katanya lagi dengan rasa haru,"ucapnya.

    Acara ditutup dengan berfoto bersama dan penyerahan kenang-kenangan yang disampaikan Kepala Desa kepada Pimpinan cabang Bank BRI Bengkalis dan Direktur BUMDesa pula menyerahkan bingkisan selanjutnya kepada pimpinan unit BRI Selatbaru.**
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini