-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Hadirkan Stan Produk Kreatifitas Karya Siswa SMK

Kamis, 15 September 2022, September 15, 2022 WIB Last Updated 2022-09-16T04:13:29Z
iklan disini :





OKI, Indometro.id-

Selain digelarnya Festival Seni Budaya pelajar SMK Sesumatra Selatan. Juga digelarnya stan-stan hasil kreativitas dan pengembangan ilmu minat bakat dari para pelajar SMK. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari terhitung mulai 15 hingga 17 September itu, dipusatkan di Lapangan Segitigamas Kabupaten OKI, yang dibuka Kamis (15/9/2022) kemarin.

Di pameran produk kreatifitas pelajar SMK tersebut, terdapat pula stan stan SMK dari berbagai daerah dari luar Kabupaten OKI. Dimana mereka menampilkan hasil karya sesuai bidang keahlian atau kejuruan masing-masing. Beragam hasil produk pelajar SMK yang dipamerkan. Seperti hasil karya memanfaatkan barang bekas menjadi barang jadi yang bernilai jual, hingga pembuatan aneka makanan lezat.


Seperti halnya stan SMKN 1 Lempuing Jaya, dikatakan Kepala SMKN 1 Lempuing Jaya, Nafion melalui koordinator stan, Akso yang juga guru otomotif. Bahwa di stan pameran menyediakan hasil karya pelajar disekolahnya seperti, pupuk organik, tas perca, cermin hias, hiasan dinding dari kertas, miniatur rumah dari sedotan limun, kripik kulit singkong, kripik pisang, emping bji karet, pangsit biji duren, abon pepaya, hiasan meja dari tempurung kelapa, hiasan meja dari alat motor seperti tank mini, asbak, pot bunga, serta sepeda mini, jam dinding, dan alat pembersih debu 

" Kita harap nantinya keahlian para siswa bisa kita ditingkatkan. Untuk mewujudkan generasi andalan yang membanggakan di masa depan. Kalau di sekolah kita sendiri terdiri dari jurusan agribisnis tanaman perkebunan, tehnik kendaraan ringan otomotif, tehnik bisnis sepeda motor, manajemn perkantoran, tehnik komunikasi dan jaringan, asisten keperawatan dan careiguer," katanya


Lalu, ada stan dari SMK As-Shiddiqiyah, menurut koordinator stan, Nasir yang juga guru TBSM,  hasil karya para siswanya seperti buket, kripik pisang, basreng, rak mini, boneka wisuda, akrilik letering, dan sapu tangan rajut, talenan, serta bunga hias dari plastik. 

Dikatakanya, disekolahnya sendiri ada 4 jurusan yaitu tehnik komputer dan jaringan, otomatisasi tata kelola perkantoran, tehnik bisnis sepeda motor, dan keperawatan.

" Tentu saja kita merasa senang dengan kunjungan Gubernur . Yang diinginkan dari pameran ini adalah tumbuh motivasi dan kreatifitas, sehingga ke depan siswa bisa menghasilkan karya yang lebih kompleks," ujarnya

Erni maharani, siswa jurusan OTKP berharap dengan kreatifitas yang mereka miliki, nantinya mampu membuka peluang usaha sendiri.


Kemudian, ada stan dari SMKN 1 Jejawi, dikatakan Kepala SMKN 1 Jejawi, Al Azhar melalui koordinator stan, Nopriyasaman mengungkapkan, di stan sekolahnya menampilkan hasil karya siswa berupa kripik ubi, basreng, kripik sukun, kripik pisang, brownis, kemplang krupuk, selai pisang, kopi medan, dan bunga plastik, serta pembersih lantai.

Jelas dia, kalau di tempatnya terdapat jurusan, yaitu jurusan akuntansi, jurusan TKJ, jurusan tehnik dan jurusan bisnis sepeda motor 

Salah satu siswa sekolah setempat jurusan akuntansi, Kevin berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, sehingga hasil karya siswa dapat dikenal oleh masyarakat luas.


Selanjutnya, stan hasil karya pelajar dari SMKN 1 Kayuagung, Kepala sekolah setempat Sutrisno melalui koordinator stan, Erni mengatakan bahwa pihaknya menyajikan hasil kreatifitas siswanya seperti, Kripik ubi, kripik pisang, jagung popcorn, tusuk gigi, pangsit, pempek, cireng, makaroni, kripik pangsit, basreng, bolu cupu, susu etawa, asinan buahan, dan tekwan goreng, serta kemplang.

“Kami sangat senang dengan kunjungan Bapak Gubernur Sumsel kita, Alhamdulillah, Pak Gubernur sangat responsif dengan kegiatan ini,“ Kalau untuk jurusannya, di SMKN 1 Kayuagung sendiri terdiri dari, akuntansi, bisnis digital, manajemen perkantoran, tehnik komputer dan jaringan, asisten keperawatan dan caregiver.


Kepala SMK Bina Bangsa Kayuagung, AhmadBermawi melalui koordinator stan,Candra Wiranto mengatakan di stannya menyediakan karya siswa berupa desain grafis seperti cetak mug desain foto sesuai selera, tata busana pakaian hasil jahit karya siswa.

" Kita juga dapat menerima pesanan mug baik untuk cinderamata ataupun pakai sendiri. Serta menerima orderan jahitan baik per satuan ataupun seragam keluarga. Selain itu kita juga menerima pesanan pembuatan Id Card, PIN dan juga gantungan kunci," jelasnya


Sementara, dikatakan Kepala SMKN 1 Lempuing, Maryono melalui Koordinator stan, Sandi. Bahwa hasil karya para siswanya tidak kalah dengan sekolah lainya, seperti Kripik tempe, kripik bayam, peyek pisang, bolu gulung ubi ungu, lalu hiasan meja berupa pot bunga, celengan, asbak rokok, kursi duduk dari cakram motor,  serta hiasan miniatur lainnya.

" Kalau terbiasa kolaborasi, maka setelah lulus para pelajar ini lebih kreatif dan menghasilkan karya bernilai ekonomis,” tuturnya. 
Kalau untuk jurusan disekolahnya terdiri dari jurusan TKJ, akuntansi, agribisnis tanam perkebunan, tehnik bisnis sepeda motor, tehnik kendaraan ringan otomotif


Kepala SMK Wali Songo, Mudrikah melalui koordinator stan, Triono, mengungkapkan kalau di stannya menyediakan produk kreatif kewirausahaan siswa seperti kripik tempe, kripik singkong, rempeyek kacang, kremes ubi, kembang goyang, kripik pisang, martabak manis, 

" Pembelajaran berbasis praktikum yang diterapkan saat ini merupakan hal yang bagus, karena siswa bisa menuangkan ide maupun minatnya dalam bentuk proyek atau barang dan membuat hasil karya yang ada hubungannya dengan jurusannya,” pungkasnya.
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+