-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pelepasan bibit ikan dan pembukaan turnamen olahraga didesa Lomba karya terlaksana dengan baik

    Jefrilimb82
    Selasa, 09 Agustus 2022, Agustus 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-09T15:24:09Z

    Ads:




    Indometro.id - desa Lomba karya - Bengkayang. Melestarikan Budi daya ikan Didesa Lomba karya merupakan niat kepala desa Lomba karya ( Egi Hermanus ), segenap perangkat dan masyarakat yang sudah lama ingin dilaksanakan.

    Akhirnya Pada hari Selasa 09 Agustus 2022 pukul 10.00 - sampai dengan selesai, niat itu terlaksana. Kurang lebih 25.000 bibit ikan disiapkan untuk kegiatan tersebut. Ada yang dibagikan ke warga desa Lomba karya. 50 ekor per KK  (ada 330 KK ) yang dikoordinir oleh Kadus atau RT. Lebihnya bibit ikan dilepaskan di aliran sungai Sambas desa Lomba karya.

    Titik pertama bibit ikan di lepaskan di muara sungai bentayan, titik kedua dimuara sungai berabis, dan titik terkahir muara sungai Bentarat. Respon masyarakat sangat senang dengan kegiatan ini. 




    Pada kegiatan tersebut  turut hadir Bupati yang diwakili Kadis perikanan dan kelautan ( Erlianus ) beserta team, camat Ledo ( Jovenus Bevo) beserta team, pendamping desa dari kecamatan (Andi),Danramil Ledo ( PELTU  Basori ), Kapolsek Ledo diwakili Babinkaptimas (AIPDA Purwanto) KEPSEK SMP4 LEDO ( Aton. Spd), dan Kepsek SD15 BINTARAT diwakili Yendra lisman. Spd.Gr. 

    Setelah kegiatan pembagian dan pelepasan bibit ikan dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan turnamen bola ( voly dan bola kaki ) dalam rangka menyambut HUT RI ke 77 (17 Agustus 2022 ) dilapangan bola dusun bentarat.

    Pada acara pembukaan tersebut diawali dengan kata sambutan dari kepala desa Lomba karya. Beliau mengatakan..
    "Pada sore hari ini (15:30) akan dibuka turnamen olah raga oleh kepala dinas perikanan kabupaten bengkayang.ada  pun olah raga yang dipertandingkan harini ya itu bola voly putra dan putri juga bola kaki dangdut untuk putri. 




    "Bertanding lah dengan menjunjung tinggi sportivitas.kalah menang itu soal biasa, dan  Jangan ciptakan keributan. Saya juga mau sampaikan peserta lomba ini ada juga dari desa lain, Yaitu desa Sidai dan desa Dayung. Dan akhir kata saya mengucapkan selamat bertanding. Pungkas pak kades. 

    Selanjutnya kata sambutan dari camat Ledo. " Salam olah raga". Awal kata sambutan dari pak camat. " 2 tahun tidak diadakan turnamen olah raga karna Covid19. Laksanakan turnamen ini sebaik mungkin. Jika turnamen ini bisa terlaksana dengan baik, tidak menutup kemungkinan nanti nantinya kades Lomba karya melaksanakan kembali turnamen Didesa Lomba karya. 

    Hari ini ada dua kegiatan yaitu pembagian bibit ikan ke masyarakat dan pelepasan bibit ikan ke sungai. Pesan saya saya untuk masyarakat yang merima bibit ikan, jangan hanya semangat pada saat menerima saja. Usahakan semaximalkan mungkin memilihara bibit ikan itu. Ungkap pak Bevo.


    Terakhir kepala dinas perikanan dan kelautan yang mewakili bupati memberi sambutan sekalian membuka turnamen oleh raga tersebut. Dalam sambutannya beliau mengatakan :
    " Seyogyanya yang hadir yaitu bapak bupati Bengkayang ( Sebastianus Darwis. M.M ), tapi karena ada kegiatan yang mendadak, yaitu menyambut kedatangan bapak presiden beliau tidak dapat hadir. Beliau sampaikan permohonan maaf kepada kades Lomba karya dan masyarakat karna tidak bisa hadir. Ungkap pak kadis.

    " Hari Ini merupakan kegiatan yang luar biasa. Pertama yaitu kegiatan pembagian bibit ikan ke masyarakat dan pelepasan bibit ikan disungai Sambas Didesa Lomba karya.

    " Ada makna yang tersirat pada kegiatan yang pertama . Melepas bibit ikan merupakan tindakan melstarikan  budidaya ikan yang dapat menjaga ekosistim Lingkungan terkhusus disungai dan menambah habitat ikan. 

    Kalau bibit ikan sudah dilepas disungai jangan lagi melakukan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan dan  dapat mengurangi habitat ikan .seperti nuba. Sungai juga bisa menjadi sumber air. Mari bersama sama menjaga sungai. Imbau pak Erlianus

    Saya juga mau menyampaikan terkait mamfaat ikan. Ikan mengandung omega3 yang sangat bagus membantu berkembangnya otak. Salain itu untuk mencegah resiko terkena Stunting ( kurang gizi ) pada anak.

    Desa ini memiliki potensi untuk pelestarian Budidaya ikan. Salah satu alasannya karna airnya belum tercemar atau bersih. Kedepan nanti dipirkan bagama cara caranya untuk mengembangkan pelestarian ikan. 

    Kegiatan kedua pada hari ini yaitu Turnamen olah raga. Turnamen ini sesungguhnya ajang mencari teman atau menjalin persaudaraan. Kalah menang itu hal biasa. Yang kalah jangan berkecil hati yang menang jangan menjadi sombong. Akhir kata saya mengucapkan selamat bertanding dan dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan turnamen ini saya buka. Tutup pak kadis.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini