-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa Barat 2022, Stand Kabupaten Indramayu Dikunjungi Kepala Dispusipda Jawa Barat

Minggu, 07 Agustus 2022, Agustus 07, 2022 WIB Last Updated 2022-08-07T07:19:26Z
iklan disini :






INDRAMAYU, indometro.Id – Kegiatan puncak Festival dan Penganugerahan Literasi kepada para pemenang Tantangan Literasi Jawa Barat tahun 2022 berlangsung di GOR Youth Center Arcamanik pada Sabtu (06/08/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jawa Barat Hening Widiatmoko, Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Molly Prabawaty. Turut hadir juga beberapa kepala dinas kabupaten/kota di Jawa Barat.


Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang merupakan kandidat nominator peraih penghargaan tidak dapat menghadiri undangan dan diwakilkan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arpus (DPA) Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan yang didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu Caridin serta Bunda Literasi Kabupaten Indramayu Runisah.


Ketua Pelaksana Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa Barat tahun 2022, Popon Nuraeni menyatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk memberikan penghargaan kepada para peserta terpilih yang telah menyelesaikan Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar, juga menggelar festival kreativitas GLN kabupaten/kota se-Jawa Barat. 


Perwakilan GLN Gareulis Kabupaten Indramayu merupakan yang peserta terbanyak yang mengikuti kegiatan pameran. Tercatat ada 9 sekolah yang mengikuti pameran dan satu peserta perorangan atas nama Komariah, Kepala SMP Satu Atap 2 Terisi Kabupaten Indramayu.


Ke-9 sekolah asal Kabupaten Indramayu yang turut membuka stand pada pameran Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa Barat tahun 2022 adalah UPTD SDN 2 Teluk Agung, UPTD SMPN 2 Sindang, SMPN 4 Sindang, UPTD SMPN Unggulan, UPTD SMPN 1 Kandanghaur, UPTD SMPN 1 Haurgeulis, SMPN 2 Indramayu, SMAN 2 Indramayu, dan SMAN 1 Terisi.


Karena Stand pameran yang disediakan oleh panitia hanya sejumlah 15 stand, sedangkan jumlah peserta dari Kabupaten Indramayu mencapai 10, akhirnya perwakilan Kabupaten Indramayu hanya memperoleh 7 stand. Walhasil, dari ke-7 stand ini, ada stand yang diisi oleh beberapa perwakilan. Stand ini di isi dengan berbagai hasil karya dan kreativitas guru dan murid. Beberapa karya yang dipamerkan diantaranya diorama, lukisan, serta buku dan cerpen.


Stand Pameran ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dispusipda Jawa Barat Hening Widiatmoko yang didampingi Ketua Dewan Pembina GLN Gareulis Jabar Syahrir yang juga adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.


Saat mengunjungi stand Kabupaten Indramayu, Hening sangat kagum dan mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan terutama buku hasil karangan siswa dan berpesan kepada pembimbingnya untuk selalu mengasah kemampuan dari siswanya agar terus meningkat.


“Saya sangat kagum melihat produk yang dipamerkan, terutama buku hasil karangan siswa. Semoga kedepannya kemampuan yang dimiliki oleh para siswa ini terus meningkat. Mohon selalu dibimbing ya bapak dan ibu,” ujarnya.


Sementara itu, kreatifitas tidak hanya ditunjukan dalam bentuk benda. Tetapi juga dalam kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking). Rangga yang merupakan alumni dari SMAN 1 Sindang tampil memukau di hadapan para tamu yang hadir dengan menunjukan kemampuannya dalam public speaking.

Rangga yang baru saja masuk perguruan tinggi ini mereviu sebuah buku Karya Mark Manson yang berjudul “Sebuah seni untuk bersikap Bodo Amat”. Rangga memaparkan hasil reviu nya di hadapan semua yang hadir dengan menggunakan Bahasa Inggris. Penampilannya ini tentu saja mendapatkan atensi dari pejabat dan tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Plt. Kadis Dikbud Kabupaten Indramayu Caridin mengungkapkan, ini menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Indramayu karena ternyata banyak generasi muda yang memiliki tingkat literasi yang tinggi. Dirinya mengapresiasi dan mengatensi penampilan Rangga tersebut. Caridin juga berharap dengan meningkatnya literasi dapat banyak muncul Rangga baru dengan segudang kreatifitas yang dimiliki.


“Saya berharap dengan meningkatnya literasi dapat memunculkan banyak siswa dengan berbagai kreatifitas seperti Rangga,” harapnya.


 (Heri) 

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+