-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Desa Paubekor Resmi Gelar Musyawarah Desa RKP Desa Tahun 2023

Sabtu, 06 Agustus 2022, Agustus 06, 2022 WIB Last Updated 2022-08-08T21:21:19Z
iklan disini :



Ketua BPD Desa Paubekor, Theresia Berni, membuka Musyawarah Desa 

Maumere, indometro.id- Bertempat di Alua Kantor Desa Paubekor, Sabtu, (6/8/2022), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Paubekor Kecamatan Koting Kabupaten Sikka, secara resmi menggelar Musyawarah Desa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2023.

Musyawarah Desa ini dilaksanakan setelah melewati beberapa rangkaian kegiatan seperti pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dan Indeks Desa Membangun (IDM), penjaringan aspirasi masyarakat dan rembuk stunting. 

Musyawarah Desa tersebut dibuka dan dipimpin Ketua BPD serta dihadiri oleh Camat Koting, Penjabat Kepala Desa bersama perangkat, Pendamping Desa, perwakilan kelompok masyarakat, kelompok perempuan, tokoh masyarakat dan warga penyandang disabilitas.

"Dengan memohon rahmat Tuhan Yang maha Kuasa dan seijin dari kita semua, saya membuka dengan resmi musyawarah Desa penyusunan RKP Desa tahun 2023 Desa Paubekor Kecamatan Koting", ujar Ketua BPD Desa Paubekor, Theresia Berni, saat membuka sidang.

Camat Koting, Yohanes Impirinus, S. Sos, ketika memberikan sambutan, mengingatkan, dalam perencanaan Desa harus memperhatikan ketepatan waktu, ketepatan alur dan ketepatan substansi. Meskipun, terjadi keterlambatan pelaksanaan musyawarah Desa, Camat Koting mengapresiasi BPD dan pemerintah Desa karena telah memulai proses tahapan penyusunan RKP Desa.

Dikatakan, melalui musyawarah Desa, dilakukan pencermatan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Kepala Desa. Disamping itu, penentuan program prioritas perencanaan Desa juga berpedoman pada pendataan Sustainable Development Goals( SDGs ) dan hasil rembuk stunting.

Suasana Musyawarah Desa

Sebelum membahas usulan rencana kegiatan tahun 2023 terlebih dahulu dilakukan pemaparan materi olen beberapa narasumber yakni laporan realisasi RKP Desa tahun 2022 oleh Penjabat Kepala Paubekor, pemaparan pandangan resmi BPD. Dan, arah kebijakan pembangunan Desa sekaligus penjelasan teknis mekanisme musyawarah Desa oleh Pendamping Desa.

Dalam laporan realisasi RKP Desa tahun 2022, Penjabat Kepala Desa Paubekor, Maria Nona Kesna, mengungkapkan, di tahun 2022 sebagian program kegiatan sudah terlaksana seperti pendataan SDGs Desa, pemberian honor tim pengawas gong belajar, bantuan biaya pendidikan bagi anak kurang mampu, pelaksanaan pencegahan Covid-19 dan beberapa kegiatan lainnya. Sedangkan, sebagian kegiatan masih menunggu proses realisasi.

Melalui pandangan resmi, BPD mengurai keadaan dan permasalahan di Desa yang meliputi kondisi ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesehatan dan kondisi pemerintahan. Pandangan resmi ini disusun berdasarkan data SDGs Desa dan IDM serta hasil jaring aspirasi. Sehingga, hal ini dapat memberi arah penentuan rencana kegiatan.

Penyampaian materi terakhir dari pendamping Desa Kecamatan Koting, Silvester Moan Nurak. Dijelaskan, arah kebijakan pembangunan RKP Desa adalah pencapaian 18 tujuan SDGs Desa. Oleh karena itu, usulan rencana kegiatan perlu memperhatikan rekomendasi program dari SDGs Desa dan Indeks Desa Membangun (IDM). 

Ketua BPD selaku pimpinan musyawarah memberi kesempatan kepada Sekretaris Desa Paubekor, Maria Dua Lise, untuk memandu peserta musyawarah membahas rencana kegiatan tahun 2023 serta meminta tanggapan atau saran dan masukan dari peserta musyawarah atas rencana kegiatan yang telah dibuat oleh pemerintah Desa dan BPD. 

Para peserta musyawarah memberikan usulan rencana kegiatan 

Para peserta memberikan usulan dan masukan diantaranya usulan baru yang belum tercantum dalam matrik rancangan RKP Desa, salah satunya rencana bantuan modal usaha bagi warga Desa penyandang disabilitas yang memiliki keterampilan.

Hasil musyawarah Desa dituangkan dalam berita acara. Selanjutnya, diserahkan kepada pemerintah Desa sebagai dasar untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2023. Kegiatan diakhiri dengan penutupan musyawarah Desa oleh Ketua BPD yang ditandai dengan pengetukan palu sidang. 

 "Dengan memohon rahmat Tuhan yang Maha Kuasa dan seijin dari kita semua, saya menutup dengan resmi musyawarah Desa penyusunan RKP Desa tahun 2023 Desa Paubekor kecamatan Koting", pungkas Ketua BPD Desa Paubekor, Theresia Berni. (M/N).






































Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+