-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Melalui MPLS, Wujudkan Generasi Bangsa Kritis, Berprestasi, dan Beriman

    Minggu, 17 Juli 2022, Juli 17, 2022 WIB Last Updated 2022-07-17T07:12:00Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    OKI, Indometro.id-

    Seperti sudah menjadi salah satu agenda rutin, saat setiap memasuki tahun ajaran baru setiap sekolah memiliki agenda untuk siswa barunya. Agenda itu adalah Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Seperti halnya di lingkungan SMAN 3 Unggulan Kayuagung, Kabupaten OKI.

    Masa MPLS lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. 


    Dikatakan Ketua Panitia kegiatan MPLS SMAN 3 Unggulan Kayuagung, Kabupaten OKI, Drs Ondrizal MSi bahwa pada 14 Juli 2022 kemarin SMAN 3 Unggulan Kayuagung telah melaksanakan kegiatan pembukaan MPLS bagi siswa baru tahun ajaran 2022/2023. 

    " Kegiatan MPLS dilaksanakan pada 14 hingga 16 Juli 2022, dilingkungan sekolah kita sendiri. Kemarin materi pertama tentang "Perkenalan Lingkungan sekolah". MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS  dilaksanakan oleh guru dibantu oleh perwakilan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung," ujarnya


    Dia menambahkan, pada Kegiataan MPLS ini diharapkan dapat membantu siswa baru mengenal lebih dekat lingkungan pendidikan yang barunya, sehingga dengan cepat siswa dapat menyesuaikan diri. " Secara prinsip kita berharap Pelaksanaan MPLS ini dapat memberikan manfaat bagi siswa baru dan dapat memberikan motivasi sehingga dapat mendukung peningkatan prestasi," katanya

    Sementara, Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung, Anis Joko Santoso, SPd, MM mengatakan, dalam kegiatan ini, peserta didik baru dikenalkan dengan budaya kearifan lokal dan pemahaman karakter. Harapanya dapat menjadikan siswa yang disiplin, beriman, dan berkarakter Pancasila.


    ‘’ MPLS merupakan rangkaian penting yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik baru saat pertama kali memasuki sekolah barunya. Banyak informasi yang diterima oleh para peserta didik baru, membantu beradaptasi dan memperhatikan aturan sekolah,’’terangnya.

    Anis pun berharap, agar para siswa baru khususnya yang telah mengikuti kegiatan MPLS aktif selama berlangsung. Secepatnya dapat beradaptasi dengan baik.

    Disisi lain, menghimbau kegiatan MPLS itu sendiri dapat menjadi sebuah kebangkitan satuan pendidikan pasca pandemi covid. Siswa diminta bisa terus bergerak dan berkolaborasi untuk mewujudkan pencapaian prestasi terbaik dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara, terutama sebagai anak bangsa yang cerdas, beretika baik, dan beriman



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini