-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Cegah Varian Baru Omicron, Relawan Siaga Covid-19 Desa Ribang Himbau Prokes

Jumat, 17 Juni 2022, Juni 17, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T23:44:26Z
iklan disini :




Maumere, indometro.idPenyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) varian baru Omicron, sub varian BA4 dan BA5 yang saat ini melanda sejumlah wilayah di Indonesia mendapat perhatian serius dari Pemerintah Desa Ribang Kecamatan Koting Kabupaten Sikka. Melalui Relawan Desa Siaga Covid-19, Pemerintah Desa  menghimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan.

Himbauan ini disampaikan melalui kegiatan siaran keliling Protokol Kesehatan di seluruh wilayah Desa Ribang pada Jumat (17/6/2022). 

Pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut terdiri dari Relawan Desa Siaga Covid-19 Bidang Pencegahan bersama Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) serta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Lokasi kegiatan meliputi wilayah Mageteok, Napunkabor, Woloara, Watauwelut dan sepanjang lintasan Jalan Raya Nita Waipelit Maumere.

Menggunakan kendaraan Pick Up dan pengeras suara (megaphone), Relawan bekeliling membacakan surat himbauan yang ditandatangani oleh Ketua Relawan Desa Siaga Covid-19 sekaligus Penjabat Kepala Desa Ribang, Nathalia CB. Wangge, S.Ip.


Dalam surat tersebut warga diminta tidak panik dan dilarang menyebarkan informasi yang belum tentu benar (hoaks) mengenai Covid-19.

‘Tidak perlu panik dan jangan menyebarkan informasi yang belum tentu benar atau hoaks mengenai Covid-19’, demikian isi surat yang dibacakan oleh Adriana Rambu Anamela, salah satu anggaota Relawan.

Warga juga diminta tidak menimbun sembako atau kebutuhan lainnya kerana akan mengganggu kestabilan ekonomi yang merugikan banyak orang.

Tim Relawan mengingatkan warga agar tetap waspada dan senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga daya tahan tubuh yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.


'Jika ada warga yang mengalami demam lebih dari 30 derajat celcius, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas, disarankan untuk segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat dan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19', lanjut Adriana Rambu. 

Lebih lanjut disampaikan, bagi rumah tangga yang menyelanggarakan hajatan atau pesta seperti sambut baru, pernikahan serta acara kedukaan ataupun sejenisnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang, dihimbau dan diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat acara.

'Menyediakan tempat cuci tangan di depan tenda acara beserta kelangkapannya dan menyediakan masker bagi keluarga dan tamu undangan', pungkas Adriana Rambu.

Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan suasana menjelang sambut baru di sejumlah paroki di wilayanh Keuskupan Maumere termasuk Desa Ribang. Pada momen sambut baru biasanya warga menggelar pesta yang menyebakan kerumunan. (M/N).





Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+