-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Untuk melestarikan adat istiadat dan kebudayaan, Naik Dango Ke-XXVI Samalantan Segera Digelar

    Jefrilimb82
    Minggu, 08 Mei 2022, Mei 08, 2022 WIB Last Updated 2022-05-08T15:11:01Z

    Ads:




    Bengkayang ( Indometro.id ) - Panitia Perayaan Naik Dango Ke-XXVI Samalantan Kabupaten Bengkayang menggelar rapat persiapan pelaksanaan acara Naik Dango Sabtu (7/5/2021).

    Acara ini dihadiri oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dan Istri Ny.Anita Darwis, Kepala BPKPAD Yustianus, Kepala Dinas Porapar I Made Putra Negara , Kepala Satpolpp Fabianus Oel, Kepala Dinas Perhubungan Agustinus.C, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Rosalina Nungkat, Kabag Humpro Dominus Robinson, Camat Samalantan Ambeng, Ketua DAD Samalantan Zainal dan Seluruh Kepala Desa se Kecamatan Samalantan serta perwakilan instansi terkait lainnya.

    Dalam Sambutannya Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis mengungkapkan," Acara Naik Dango Ke XXVI ini diselenggarakan setelah dua (2) tahun Vakum 2020-2021 karena adanya musibah pandemi Covid19.

    Acara Naik Dango  yang akan digelar tahun 2022 di Rumah Radang Samalantan tentunya pasti terbatas anggaran, disebabkan kita tidak tahu kapan wabah Pandemi Covid19 akan sirna, namun demikian acara ini tetap diselenggarakan sesuai dengan budaya dan adat istiadat tradisi orang Dayak, kita selesaikan secara musyawarah mufakat dan gotong-royong.

    Naik Dango atau Gawe Narah Padi adalah suatu acara ungkapan syukur masyarakat Dayak khususnya Dayak Kanayatn atas rejeki berupa hasil panen yang diberikan Jubata atau Tuhan kepada manusia.

    Pada hakekatnya Naik Dango memiliki tiga aspek utama yaitu Kehidupan Agraris, Religius, dan Komunal.

    Aspek Agraris yaitu kehidupan masyarakat yang memiliki tradisi bercocok tanam, kemudian Aspek Religius merupakan aspek untuk berterima kasih kepada Tuhan atas panen yang diperoleh dan Aspek Komunal adalah cerminan kehidupan kekeluargaan, solidaritas dan persatuan yang merupakan aspek yang dijunjung tinggi atas azas kekeluargaan antar keluarga terdekat dalam rumah masing-masing setiap tahunnya," tutupnya.

    Ketua Panitia Acara Naik Dango Ke-XXVI Moses Mudawi kepada Suarakalbar.co.id Sabtu (7/5/2022) mengungkapkan," Jenis kegiatan Naik Dango Ke-XXVI Samalantan meliputi,"  Ritual Adat Naik Dango, Perlombaan dan Seminar atau Bahaump.

    Pelaksanaan Naik Dango Ke XXVI akan di gelar selama 6 hari dimulai pada 15 Mei 2022 dan berakhir 20 Mei 2022.

    Dengan Dana sebesar rp.300.206.000 yang akan dihasilkan dari Sumbangan atau bantuan dari para donatur yang tidak mengikat dan Subsidi kas DAD Samalantan," tutupnya

    *Kurnadi / Jefri Limb
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini