-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    PPKM Diperpanjang Lagi, Selama 2 Pekan, 54 Kabupaten/Kota Turun Level 2, dan Ada Pelonggaran Buat Anak-anak

    Selasa, 19 Oktober 2021, Oktober 19, 2021 WIB Last Updated 2021-10-19T01:13:14Z

    Ads:

    Bondowoso, indometro.id.
    PEMERINTAH kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah Jawa-Bali selama dua pekan.

    namun ada aturan yang dilonggarkan, Demikian diungkapkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi persnya, Senin (18/10/2021).

    melansir dari metroonlinentt.com
    Dimulai besok 19 Oktober sampai 1 November.
    “Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di level 2, 9 kabupaten/kota di level 1. Detail akan dituangkan dalam inmendagri,” kata Menko Marves yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan lewat konferensi pers, Senin (18/10). Luhut mengatakan kasus aktif nasional dan Jawa-Bali telah menurun drastis.

    Saat ini hanya ada 18 ribu kasus aktif secara nasional.
    Hanya 7.000 di Jawa dan Bali, Dia menganggap itu adalah kondisi yang telah membaik.
    Terlebih, tidak ada penambahan kasus kematian pada 17 Oktober lalu di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.
    “Dan provinsi lain di Jawa Bali hanya mencatat kurang dari 5 kematian per hari. Angka ini lebih bagus lagu dari bukan Juli,” kata Luhut.

    Pemerintah telah memberlakukan PPKM Level 4,3, dan 2 sebanyak 11 kali perpanjangan sejak awal penanganan pandemi Covid-19.

    Pemerintah mengaku akan terus mengevaluasi pelaksanaan PPKM di seluruh wilayah Indonesia setiap dua pekan sekali.

    PPKM berlevel di seluruh kabupaten/kota akan ditetapkan ulang oleh pemerintah berdasarkan hasil evaluasi dari sejumlah indikator penilaian yang ada.

    Indikator penilaian tersebut mencakup jumlah kasus positif Covid-19, kasus kematian, kasus kesembuhan, tingkat testing dan tracing, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian vaksinasi di wilayah masing-masing tersebut.

    Belakangan ini pertambahan kasus Covid-19 mulai mengalami tren penurunan.
    Terhitung sejak 29 September sampat saat ini, pertambahan kasus positif tak pernah di atas 2.000 per hari.

    Kasus aktif Covid-19 cenderung turun, namun ancaman gelombang tiga Covid-19 di Indonesia diprediksi terjadi pada akhir 2021 buntut momen libur Natal dan Tahun baru.

    dikutip dari www.cnbcindonesia.com
    Ada beberapa penyesuaian aktifitas pada periode PPKM ke depan ini.

    "Pertama tempat bermain anak-anak dan mal boleh dibuka pada level 2," kata Luhut.

    "Tempat bermain akan harus mencatat telepon orang tua dan waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing. Dan kemudian kapasitas bioskop juga bisa ditingkatkan menjadi 70%. Dan anak-anak diperkenankan masuk (ke bioskop) untuk level 1 & 2," kata Luhut.

    Luhut juga mengaku telah mendapatkan peringatan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokow) dalam evaluasi PPKM kali ini.

    "Presiden mengingatkan banyak kegiatan yang kadang-kadang agak mengabaikan protokol kesehatan," kata Luhut.

    Luhut mengatakan masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan terpantau berada pada sejumlah aktivitas seperti kegiatan pernikahan, tempat wisata dan berbagai tempat lainnya.

    Luhut meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk berhati-hati dan tetap menjaga protokol kesehatan, di tengah ancaman gelombang ketiga Covid-19.

    "Kami imbau seluruh masyarakat patuh. Kita masih jaga-jaga gelombang ketiga pada libur natal dan tahun baru. Kita harus hati-hati," tegasnya.

    (Ahyar Rosyid)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini