Meningkatkan Daya Pikir Siswa, OSIS SMAN 1 Staramesa Adakan LKTD




Mabar, Indometro.id -
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Satarmese, kabupaten Manggarai mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi badan pengurus OSIS terpilih masa kerja 2021-2022. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan daya pikir siswa baik segi intelektual maupun spritual serta menjalankan tugas yang diembankan oleh lembaga pendidikan dengan penuh rasa tanggung jawab, Senin (18/10/2021).

Kepala SMAN 1 Satarmese, Largus Empos, S. Pd, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kegiatan ilmiah tentu hasilnya ilmiah pula. Ia juga berharap setelah pelatihan tersebut pengurus OSIS bisa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

" Harapan saya setelah selesai kegiatan ini  dapat mencetak kade-kader OSIS yang berkualitas baik segi intelektual, spiritual, maupun karakter peserta yang bertanggung jawab baik di Sekolah maupun di masyarakat yang kalian  tinggal", ungkapnya pada saat membuka secara resmi kegiatan LKTD di SMAN 1 Satarmese.

Ia juga menyampaikan pesan kepda semua peserta agar mengikuti semua proses kegiatan LKTD tersebut sampai selesai.

Sementara itu, Pembina OSIS SMAN 1 Satarmese Paulus Harto menyampaikan kegiatan LKTD ini dilaksanakan setiap tahun yang sudah dituangkan dalam ART OSIS SMAN 1 Satarmese.

" Kegiatan ini adalah program tahunan OSIS SMAN 1 Satarmese yang sudah dituangkan dalam ART, dan kegiatan ini juga dibuat untuk melatih cara melatih siswa untuk menjadi pemimpin yang loyal serta tanggung jawab atas dirinya sendiri maupun orang lain terutama untuk OSIS SMAN 1 Satarmese satu periode ke depan ini", ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Donatus Nabur, mewakili staf kesiswaan sekaligus narasumber dalam kegiatan LKTD menyampaikan kesas bahwa  di tahun-tahun sebelumnya dimana SMA masih kewenangan kabupaten, hanya ketua OSIS saja yang mengikuti kegiatan LKTD namun berbeda dengan tahun sekarang ini.

" Saya hampir 12 tahun di Lembaga ini paling banyak mendapatkan tugas tambahan bagian kesiswaan selain guru di kelas. Di tahun-tahun sebelumnya di mana SMA masih kewenangan Kabupaten hanya ketua OSIS yang ikut LKTD yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai tapi, tahun 2021 merupakan tahun yang paling berharga bagi kalian karena tahun ini baru terjadi di SMA Negeri Satarmese", ungkapnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Paulus Harto sebagai perintis kegiatan. Dirinya  mengharapkan agar kegiatan ini, peserta dapat bertanggung jawab atas tugas yang diemban oleh lembaga ini serta dapat bertanggung jawab atas diri sendiri, teman-teman, keluarga serta masyarakat. 

Yulius V. J. Dato selaku ketua OSIS terpilih sekaligus peserta LKTD tahun 2021 menyampaikan kesannya saat malam persaudaraan Saya sangat bersyukur  dan berterima kasih atas ilmu yang kami dapat selama kegiatan LKTD ini. Bagi saya kegiatan LKTD ini merupakan penghargaan yang sangat luar biasa Saya dan teman-teman bannga menjadi peserta LKTD tahun 2021. 

" Kegiatan ini cukup menguras tenaga dan pikiran puji Tuhan kami mampu meminimalisir Lelah itu sehingga kami sukses mengikuti semua proses dengan baik. Saya pun berharap dari kegiatan dapat memampukan saya dan teman-teman untuk lebih semangat lagi belajar dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga OSIS ini ke depan tetap eksis dan dapat memberi dampak positif bagi kami sebagai peserta maupun teman-teman yang lain yang tidak bergabung dalam OSIS SMA Negeri I Satarmese", ungkapnya.

 Kegiatan ini berlangsung selama tiga (3) hari, sejak tanggal 15-17 Oktober 2021. Peserta LKTD ini adalah siswa-siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri I Satarmese Masa Kerja Tahun 2021-2022 yang berjumlah 32 orang dengan rincian kelas X sebanyak 6 orang dan kelas XI sebanyak 24 orang. Adapun materi dan nara sumber kegiatan ini sebagai berikut:

Materi: (Motivasi Berorganisasi, Manajemen Kelompok, Kepemimpinan, Jurnalistik, E-Learning, Problem Solving, Manajemen Administrasi Organisasi, Teknik Memimpin Rapat OSIS SMA Negeri I Satarmese, Teknik Debat, Teknik Diskusi, Teknik Pidato).
Nara sumber:
Maksimus Edon, S.P; Gr. asal istansi SMP Negri I Satarmese
Marianus Leonardus Mawar, S. Pd; Gr. asal instansi SMP Negeri Satap Pongmeleng
Maksimus Masen, S.Pd asal istansi Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai (Koordicam Satarmese Barat)
Pa Gregorius Ganggur asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Romanus Jemana, S.Kom asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Marianus Asterius, S.Pd asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Donatus Nabur, S.Pd asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Benediktus Dedi, S.Pd asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Ferdinandus Karman, S.Pd asal istansi SMA Negeri I Satarmese
Paulus Harto, S.Pd, Gr asal istansi SMA Negeri I Satarmese.

(*)
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama