-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Guru SD Bangka Tengah Terharu Baca Kisah Bupati HAS Hanandjoeddin

    Senin, 25 Oktober 2021, Oktober 25, 2021 WIB Last Updated 2021-10-25T07:15:25Z

    Ads:

    Bangka Tengah, indometro.id
    Mei Lanto, sosok Guru SD (Sekolah Dasar) yang tinggal di Bateng (Bangka Tengah), Provinsi Bangka Belitung terharu setelah membaca buku kedua Hanandjoeddin, yang berjudul “Memenuhi Panggilan Rakyat”: Kiprah dan Kenangan sosok Bupati HAS Hanandjoeddin.

    Buku yang disusun tim penulis Haril M Andersen dan Bambang Sutrisno M.Pd. serta didukung tim penyusun lainnya sebagai ikhtiar untuk melengkapi kekurangan data terkait pengusulan Bapak HAS Hanandjoeddin menjadi pahlawan nasional yang telah diusulkan Pemprov Babel pada tahun 2018 lalu.

    “Alhamdulillah saya sudah membaca meskipun belum seluruhnya dari buku tersebut. Kiprah Pak H.AS. Hanandjoeddin sebagai Bupati Belitung sangat luar biasa. Pembangunan digalakkan. PAD dikejar sehingga dampaknya sangat luar biasa,” kata Mei Lanto yang juga seorang penggiat sejarah lokal dan telah menulis beberapa buku tentang Topomini daerah.

    Mei Lanto akui dirinya begitu terharu saat membaca kisah perwakilan masyarakat Belitung yang datang menemui pimpinan AURI untuk meminta Mayor Udara H. AS Hananjoeddin pulang kampung memimpin daerah Belitung.
    “Silakan Bapak ambil pangkat dan seragam Mayor Hanandjoeddin. Tapi Hanandjoeddin tetap kami bawa pulang ke Belitung.”

    Dan yang dimaksudkan, Mei Lanto, artinya dalam pencalonan sebagai Bupati, masyarakat yang meminta Pak Long Hanan (HAS Hanandjoeddin: Red) menjadi Bupati. Bukan ambisi beliau. Dan setelah menjadi Bupati, ternyata dukungan masyarakat memang sangat tepat. Pembangunan disegala bidang digalakkan.

    “Dalam proses pengusulan Bangka Belitung menjadi provinsi, Pak Long Hanan mengambil tindakan berani. Luar biasa,” katanya.

    Dari kiprah tersebut, kata Mei Lanto, Pak Hanan layak diusulkan dan selanjutnya ditetapkan sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

    “Namanya bukan hanya diabadikan menjadi Bandar udara akan tetapi telah terpatri disanubari masyarakat Belitung dan Bangka Belitung pada umumnya,” ungkapnya.*

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini